INFO
Pekerja Pariwisata Palangka Raya Terdampak Covid-19

Pekerja Pariwisata Palangka Raya Terdampak Covid-19

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Palangka Raya, Ikhwanudin, tidak memungkiri bila merebaknya pandemi Covid-19, telah mempengaruhi sektor kepariwisatan di kota setempat.

Ikhwanudin menyebutkan, sampai dengan saat ini pihaknya telah mencatat sedikitnya 1.129 orang pekerja disektor pariwisata telah terdampak wabah virus corona tersebut.

Jumlah pekerja pariwisata sebanyak itu mencakup, 741 orang merupakan pekerja di bidang akomodasi, 57 orang pekerja café dan rumah makan. Lalu,114 orang pekerja tempat hiburan dan rekreasi, 39 orang dari Himpunan Pramuwisata Indonesia, serta 7 orang dari biro perjalanan wisata.

“Dampak Covid-19 ini telah menghilangkan mata pencaharian para pekerja pariwisata tersebut. Karena tempat usaha tidak bisa beroperasional,”ungkap Ikhwanuidin, Kamis (23/4/2020).

Dengan kondisi demikian lanjut Ikhwanudin, maka ia mengimbau kepada para pekerja pariwisata yang saat ini terdampak dari pandemi Covid-19, dapat segera mungkin melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

Seperti berkoordinasi dengan dinas tenaga kerja maupun dinas sosial, yang saat ini tengah menangani para tenaga kerja dari berbagai bidang yang terdampak pandemi Covid-19.

“Contohnya program prakerja yang sedang di tangani oleh dinas tenaga kerja, maupun program bantuan pemerintah melalui dinas sosial. Nah, disini bisa dimanfaatkan oleh para tenaga kerja yang terdampak,”cetusnya.

Ditambahkan Ikhwanudin, hingga saat inipun pihaknya masih mendata para tenaga kerja di bidang kepariwisataan lainnya, yang dimungkinkan akan adalagi terdampak selama merebaknya pandemi Covid-19. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*