TERKINI
Pelaku UKM Diharapkan Memiliki Sertifikat Halal dan Hak Merek

Pelaku UKM Diharapkan Memiliki Sertifikat Halal dan Hak Merek

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya Rawang menyebutkan bahwa beberapa pelaku usaha di kota Kota Palangka Raya belum mempunyai sertifikat halal dan hak merek.

Hal tersebut disampaikan Rawang ketika dibincangi awak Media Center di aula Hotel Aquarius Kota Palangka Raya, Senin (11/10/2021).

“Untuk target kita Tahun 2021 hak merek bagi pelaku UKM ada 50 dan sertifikat halal juga 50, sedangkan yang mendaftar masih kurang dari target yang ditentukan. Ini artinya masih ada beberapa pelaku usaha di kota cantik masih belum memiliki sertifikat halal dan hak merek,” ucap Rawang.

Dikatakannya bahwa permasalahan pelaku usaha belum memiliki sertifikat tersebut karena terjadi beberapa kesalahan administrasi yang harus dilengkapi para pelaku usaha.

“Untuk administrasi sertifikat halal ini adalah ijin produksi industri rumah tangga yang menjadi kendala banyak para pelaku usaha yang belum bisa melengkapi persyaratan administrasinya”, tutur Rawang.

Menurutnya, persyaratan memiliki sertifikat halal ini cukup meyulitkan bagi sebagian pelaku usaha karena untuk izin industri rumah tangga ini harus ada tempat khusus di luar atau tidak bercampur dengan kegiatan rumah tangga.

“Jadi ada tempat khusus atau lokasi khusus yang terpisah dari kegiatan sehari-hari hal inilah yang menjadi kendala sehingga para izin industri rumah tangga bagi pelaku usaha tidak bisa terpenuhi”, terangnya.

Untuk itu, Rawang berharap agar para pelaku usaha di kota cantik Palangka Raya semuanya memperoleh sertifikat halal karena menurutnya sertifikat halal sangat penting bagi produk produk UKM.

“Dengan adanya sertifikat halal maka kepercayaan pelanggan terhadap suatu produk akan semakin meningkat. Karena dengan memiliki sertifikat halal jaminan suatu produk tidak hanya halal namun juga aman dikonsumsi dari sisi kesehatan”, tutup Rawang. (MC. Isen Mulang/Nitra/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*