INFO
Pelaku Usaha Furniture Perlu Penguatan Skill dan Keterampilan

Pelaku Usaha Furniture Perlu Penguatan Skill dan Keterampilan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pandemi covid-19 membuat berbagai bidang industri usaha di Kota Palangka Raya ikut terdampak. Seperti pada Industri Kecil Menengah (IKM) dimana omzet usaha berkurang dan daya beli masyarakat terhadap produk yang dihasilkan menurun.

Bahkan salah satu dampak terburuk dari pandemi terhadap IKM, yakni tidak sedikit pelaku usaha tersebut melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya.

“Saat ini kita tengah menjalankan program pemulihan ekonomi atau recovery economic. Terutama bagi sektor perbankan IKM, UMKM, pertanian dan sektor lainnya,”ungkap Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, usai membuka pelatihan proses produksi furniture di Sentra IKM Temanggung Tilung I Palangka Raya, Senin (10/8/2020).

Menurut wali kota, salah satu cara membangkitkan gairah perekonomian daerah, maka sektor -sektor yang dapat diandalkan untuk memulihkan geliat ekonomi harus didorong.

Seperti halnya sektor usaha IKM, dimana para tenaga kerja di bidang tersebut perlu dibekali dengan penguatan skill dan keterampilan, sehingga produk usaha yang dihasilkan mampu bersaing dan mampu meningkatkan kesejahteraan.

Terlebih kualitas SDM pelaku usaha dan tenaga kerja IKM adalah keniscayaan. Karenanya, persaingan antar produk usaha semakin ketat.

“Dengan adanya peningkatan keterampilan serta skill tenaga kerja pada IKM, maka diharapkan lahir produk usaha. Seperti produk furniture yang mampu bersaing di pasaran,”harap Fairid.

Disinggung kendala yang kerap dihadapi pelaku IKM seperti keterbatasan modal maupun minimnya pangsa pasar, maka kata Fairid pihaknya akan mendorong sinergitas dengan pihak perbankan dan pihak lainnya untuk mendukung pengembangan produk IKM termasuk dalam hal pemasaran.

“Pentingnya dukungan pihak perbankan dan pihak terkait lainnya untuk mendukung IKM maupun semua bidang usaha lainnya yang bersifat dari hulu ke hilir,”tandas Fairid. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*