INFO
Pelaku Usaha Tandatangani Komitmen Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik

Pelaku Usaha Tandatangani Komitmen Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Walikota Palangka Raya Fairid Naripin menghadiri acara penandatanganan komitmen pembatasan kantong plastik oleh pelaku usaha secara virtual, Selasa (10/8/2021)

Melalui surat edaran walikota Nomor 1070/DLH/ll.1/2021 yang baru diterbitkan pada tanggal 30 Juli 2021 tentang pembatasan penggunaan kantong plastik, dimaksudkan sebagai pendoman pelaku usaha dan masyarakat di Kota Palangka Raya untuk berpartisipasi dalam upaya pembatasan penggunaan kantong plastik.

Timbunan sampah di Kota Palangka Raya setiap harinya tidak kurang dari 100 ton, yang didominasi sampah sisa makanan dan plastik. Seiring bertambahnya jumlah penduduk dan kebutuhan rumah tangga, maka jumlah timbunan sampah pun ikut meningkat.

Fairid mengatakan meningkatnya jumlah timbunan sampah akan menjadi beban pemerintah apabila pengurangan sampah tidak berjalan dengan baik. Pengurangan sampah harus melibatkan seluruh unsur masyarakat.

“Saat ini yang penting kita tanamkan spirit bersama untuk menjaga lingkungan bersama-sama. Tidak mungkin, satu lembaga atau DLH saja bisa menjaga lingkungan hidup tanpa didukung stakeholder yang lain. Oleh karena itu para pelaku usaha yang sudah mulai menerapkan isi surat edaran tersebut, maka nanti ketika peraturan daerah tentang pengurangan sampah diterbitkan tidak akan sulit dalam implementasinya” , terangnya.

Fairid juga meminta agar para pelaku usaha melakukan sosialisasi pembatasan kantong plastik sekaligus mengedukasi masyarakat untuk menggunakan media tempat belanja yang bisa digunakan kembali dalam aktivitas jual beli, dengan demikian maka komitmen pembatasan kantong plastik ini dapat membantu pemerintah Kota Palangka Raya dalam menangani sampah plastik sekaligus menciptakan lingkungan Kota yang cantik, ramah dan nyaman.

“Sedari sekarang kita edukasi masyarakat di Kota Palangka Raya untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Mudah-mudahan ini menjadi komitmen kita bersama,” harapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Palangka Raya Achmad Zaini, kepala OPD terkait, dan 11 perwakilan pelaku usaha di Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/maria/nitra/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*