TERKINI

Pelatihan Penggunaan APAR di Puskesmas Panarung

MEDIACENTER, Palangka Raya – Sosialisasi kegiatan Alat Pemadam Ringan (APAR) oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Palangka Raya dilaksanakan di Puskesmas Panarung Jalan Keruing Palangka Raya, Sabtu (29/2/2020).

Kepala UPT Puskesmas Panarung Sri Hartinah menyampaikan,”Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh karyawan/karyawati puskesmas agar mampu menggunakan APAR dengan tepat dan benar, serta meningkatkan keterampilan untuk menanggulangi kebakaran dalam skala kecil”.

Kabid Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas SDM, Adrianson mempresentasi mengenai ciri kondisi APAR yang siap untuk di pakai, cara menggunakan dan perawatan APAR.

“Kunci utama dari penanggulangan kebakaran dan pemadaman api adalah sikap tenang atau tidak panik dan usakan fokus sambil perhatikan kondisi disekitarnya”, ucap Adrianson.

Setelah presentasi materi selesai, dilanjutkan dengan praktek pemadaman kebakaran. Kegiatan praktek terbagi menjadi dua bagian utama yaitu pemadaman menggunakan peralatan tradisional dan pemadaman menggunakan APAR.

Sebelum memulai praktek, terlebih dahulu disampaikan urutan langkah yang harus dilakukan oleh peserta dalam melakukan pemadaman kebakaran mengunakan berbagai macam alat tersebut. (MC. Isen Mulang/Bam/tn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*