INFO
Pelatihan Petugas Pemetaan BPS Untuk Sensus Penduduk 2020

Pelatihan Petugas Pemetaan BPS Untuk Sensus Penduduk 2020

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sensus Penduduk (SP) 2020 adalah sensus penduduk ke 7 sejak Indonesia merdeka, sehingga dipandang perlu pelatihan petugas pemetaan dan pemutakhiran muatan Wilayah Kerja Statistik (Wilkerstat) SP 2020, bertempat di Hotel Luwansa Jl. G. Obos  Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (8/4/2019).
 
Kepala BPS Provinsi Kalimantan Tengah, Yomin Tofri  mengungkapkan bahwa BPS RI telah menetapkan pendataan SP 2020 menggunakan metode kombinasi, dengan memanfaatkan data administrasi kependudukan (adminduk) sebagai data dasar untuk dimutakhirkan dan dilengkapi sesuai dengan konsep dan esensi sensus penduduk. Untuk itu berbagai persiapan telah dilakukan sejak tahun 2018.  
 
Lanjutnya, Tahun 2019 pelaksanaan Kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP 2020 dilakukan di seluruh desa pada 14 kabupaten/kota se Kalimantan Tengah. Kegiatan ini terdiri dari dua tahapan, tahap pertama adalah kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat, sedangkan tahap kedua adalah kegiatan Pengolahan Peta dan dokumen muatan wilkerstat.
Hasil Kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat nantinya akan diolah pada tahap Kegiatan Pengolahan Peta dan RD.
 
Yomin Tofri  juga meyakini dan percaya, semua yang berada di ruangan ini adalah petugas yang terpilih. Untuk itu semoga semua petugas bisa menjaga profesionalisme, integritas, dan amanah dalam menjalankan tugasnya nanti. Dan harus dapat membuktikan bahwa BPS tidak salah dalam memilih petugas dalam kegiatan ini. Diakhir pembicaraanya beliau berpesan agar jaga kesehatan, karena kesehatan adalah unsur utama untuk menunjang kinerja kita supaya tetap berkualitas. (MC Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*