INFO
Pelayanan KB Gratis 100 Hari Kerja Efektif Walikota Palangka Raya

Pelayanan KB Gratis 100 Hari Kerja Efektif Walikota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Mendawai Kelurahan Palangka termasuk salah satu yang dicanangkan sebagai kampung KB di tahun 2018 dari tiga tambahan kampung KB yaitu Kelurahan Palangka, Kelurahan Pahandut Seberang dan Kelurahan Tangkiling. Dari enam kampung KB yang telah terbentuk sebelumnya berada di Kelurahan Tumbang Rungan, Kelurahan Petuk Ketimpun, Tanjung Pinang, Marang, Petuk Bukit dan Kelurahan Bereng Bengkel.

Diselengarakannya pelayanan KB gratis yang ada di Mendawai Kelurahan Palangka ini merupakan salah satu dukungan 100 hari kepemimpinan Fairid Naparin dan Umi Mastikah.

Eddy Sunarto, Kabid Pengendalian Penduduk pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kota Palangka Raya, menuturkan bahwa banyaknya pasangan usia subur yang mundur menjadi Akseptor KB dengan alasan pertama penundaan kehamilan dan usia sudah tidak produktif lagi. Beliau juga menegaskan bahwa pelayanan KB gratis itu lengkap dengan didukung oleh tenaga teknis yang berkompeten di bidangnya yaitu Bidan, Perawat dan kader PLKB.

Disamping pelayanan KB gratis pihak dari pelayanan tim KB keliling juga sering melakukan penyuluhan untuk warga di sekitarnya melalui kader PLKB (Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana) yang ada di Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya karena harapan di tahun 2019 ini untuk Metode MKJP (Metode KB Jangka Panjang) dapat terlaksana mengalihkan dari penggunaan pil, suntik dan kondom. Beliau juga menyampaikan sudah ada masyarakat yang berminat beralih ke MKJP. (MC. Isen Mulang/h2di)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*