INFO
Pelayanan Publik Harus Miliki Konsep Melayani

Pelayanan Publik Harus Miliki Konsep Melayani

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya saat ini terus berupaya meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Namun demikian, upaya peningkatan pelayanan itu harus dibarengi dengan kesigapan para ASN, termasuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) agar lebih siap menjalankan pelayanan tersebut.

“Kuncinya bergantung niat bersama, terutama kesigapan para ASN maupun PTT dalam menjalankan tugas memberikan pelayanan,” ungkap anggota Komisi A DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye, Minggu (7/7/2019).

Lanjut Ketua Bapemperda Kota Palangka Raya ini mengatakan, jika keinginan pemerintah kota meningkatkan pelayanan publik, tentu tidak lepas dari kesiapan SDM maupun sarana dan prasarana penunjang.

Bicara pemberian pelayanan, tentu berhubungan dengan tugas dan kinerja ASN sebagai pemberi pelayanan secara optimal. Sedangkan sarana dan prasarana (sarpras), menjadi bagian dari pemenuhan dan pendukung sistem pelayanan yang cepat dan baik.

“Intinya kesiapan sumber daya ASN dan sarpras ini sangat penting, ketika pemerintah kota berupaya meningkatkan pelayanan,” ujarnya.

Semisalkan lanjut Anna, ketika pemerintah kota bicara sarpras pendukung pelayanan, maka sejumlah bagian penting harus diperhatikan.
Sebut saja, bagaimana menata ruang pelayanan yang banyak tidak memadai, baik interiornya, dan tempat duduk, pendingin ruangan. Semua perlu dibenahi sehingga masyarakat yang ingin dilayani merasa nyaman.

“Setiap pelayanan pubik saat ini mempunyai standar , sehingga baik yang memberikan pelayanan maupun yang menerima pelayanan dapat menjalankan semua standar itu,” ungkapnya.

Memang lanjut Anna, ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika pemerintah ingin mengoptimalkan pelayanan publik yang menyenangkan.
Contohnya, bagaimana instansi pelayanan memiliki ruang ramah anak atau sebagainya yang membuat nyaman masyarakat.

“Katakan saja ketersediaan fasilitas warga untuk bersantai seraya menunggu tindak lanjut pelayanan berikutnya. Nah ini juga perlu diperhatikan kedepan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*