INFO
Pembahasan Hasil Evaluasi Gubernur tentang Raperda RTRW Kota Palangka Raya

Pembahasan Hasil Evaluasi Gubernur tentang Raperda RTRW Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – DPRD Kota Palangka Raya lakukan pembahasan hasil evaluasi Gubernur Kalimantan Tengah tentang Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW ) Kota Palangka Raya 2019-2039, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Palangka Raya, (20/03/2019).

Kegiatan ini dipimpin oleh Anna Agustina Elsye, anggota legislatif. Sedangkan dari eksekutif dipimpin oleh Asisten Pemerintahan, Murni; PLT Kepala Dinas PUPR, Albert Tombak; Kepala Bappeda, H.Akhmad Fordiansyah, Kepala Bagian Hukum dan Ham Setda Kota Palangka Raya, Sahrudin.

Kegiatan ini dalam rangka melakukan pembahasan, sinkronisasi, perbaikan dan tindak lanjut terhadap hasil evaluasi Gubernur tentang Raperda RTRW Kota Palangka Raya 2019-2039 yang selanjutnya akan di sampaikan laporannya pada Rapat Paripurna ke-10 Masa Sidang 1 Tahun Sidang 2019.

Pembahasan ini merupakan tahapan yang harus dilakukan dan secara teknis ada beberapa hal yang telah di tindak lanjuti oleh Tim Penyusun RTRW, Bappeda, Dinas PUPR dan Bagian Hukum Setda Kota Palangka Raya untuk dapat ditetapkan menjadi Perda RTRW Kota Palangka Raya 2019-2039.

Adapun beberapa catatan yang perlu diperhatikan misalnya  tentang kawasan hutan, rencana struktur ruang wilayah kota, sistem jaringan jalan, sistem jaringan kereta api, sistem jaringan sungai, sistem jaringan transportasi udara, sistem jaringan telekomunikasi, sistem jaringan sumber daya air dan sistem jaringan prasarana lainnya yang tentunya harus mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Disamping itu juga perlu diperhatikan juga mengenai ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH), rencana pola ruang wilayah kota yang meliputi peruntukan ruang untuk fungsi lindung dan budi daya,  kawasan rawan bencana, kawasan pertanian dan penetapan kawasan strategis kota yang menjadi kewenangan Kota Palangka Raya. Selanjutnya RTRW wajib ditinjau kembali apabila sudah melampaui batas waktu yang ditentukan dan nantinya akan dilakukan evaluasi. (MC. Isen Mulang/Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*