INFO
Pembahasan Raperda Inisiatif Pertamanan Dilanjutkan

Pembahasan Raperda Inisiatif Pertamanan Dilanjutkan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif Pemerintah Kota Palangka Raya tentang pengelolaan pertamanan, kembali dilanjutkan pembahasannya.

Seperti pada Jum’at (16/7/2049), pihak DPRD Palangka Raya, melalui  Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) melakukan  rapat pembahasan mengenai raperda tersebut.

Wakil Ketua Bapemperda, Riduanto mengatakan, pembahasan di tingkat DPRD tersebut adalah untuk menegaskan kembali dan memeriksa serta mengevaluasi dari isi draft raperda, sebelum disahkan.

“Beberapa isi di dalam pasal dan ayat pada raperda pengelolaan taman kembali kami evaluasi, agar bisa menjadi raperda yang benar-benar berdaya guna,” tambahnya,

Beberapa poin penting kata dia, kembali ditelaah, seperti  mengenai adanya larangan berjualan dan merokok di kawasan ruang terbuka hijau (RTH).

Selain itu perlu dimasukan dalam raperda itu, adalah pengaturan tentang kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kerusakan taman yang didasarkan olah TKP dari pihak kepolisian. Disitu nantinya bisa disisipkan denda untuk memperbaiki sebesar kerusakan taman yang diakibatkan oleh kecelakaan .

Apabila hal tersebut tidak diatur, maka masyarakat tidak akan memiliki rasa kepedulian menjaga fasilitas taman. Akibatnya, biaya selalu dibebankan kepada pemko atas kerusakan taman tersebut.

Sementara itu anggota Bapemperda lainnya, Siti Salhah juga menyampaikan agar pengamanan dan penjagaan taman harus lebih ditingkatkan untuk mengurangi aktivitas penyalahgunaan RTH oleh oknum tertentu untuk berbuat asusila.

Taman yang berada di kawasan Jalan Murjani sering menjadi wadah pasangan muda-mudi untuk melakukan tindak asusila. Karenanya perlu penambahan pengamanan dan lampu taman,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*