INFO
Pembangunan Tepat Sasaran Lewat e-Monev

Pembangunan Tepat Sasaran Lewat e-Monev

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya saat ini terus mendorong pengembangan dan pemanfaatan berbagai aplikasi elektronik, guna  menjawab berbagai  tuntutan pelayanan publik dan juga layanan informasi pembangunan. Salah satunya penerapan aplikasi e-Monev.

“Penggunaan e-Monev dalam monitoring evaluasi pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah, diharapkan mampu memacu target  capaian pembangunan yang tepat sasaran,” ungkap Asistem Administrasi Umum Setda Kota Palangka Raya, Kandarani.

Membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) e- Monev, Kandarni menekankan, pentingnya e-Monev, atau  sistem monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan daerah berbasis on-line tersebut , mampu diterapkan oleh  semua OPD.

“Penerapan e-Monev dalam monitoring evaluasi pembangunan daerah, dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak. Baik masyarakat maupun pemangku kepentingan,” ujar Kandarani, Kamis (10/10/2019), di Aula Peteng Karuhei II, kantor walikota Palangka Raya.

Dengan adanya bimtek e-Monev ini lanjut kandarani, setidaknya menjadi upaya memberikan pendalaman dan pemahaman aplikasi pada setiap perencanaan, evaluasi dan pelaporan  yang berkaitan dengan keuangan, serta capaian-capaian target kerja lainnya.

“Ya, melalui bimtek e-Monev ini  akan semakin mempermudah pekerjaan setiap OPD dalam melakukan tugas-tugas pelaksanaan program pembangunan yang ditargetkan,” sebutnya.

Harus diakui tambah kandarani, penerapan e-Monev di lingkup Pemko palangka Raya saat ini  belum terintegrasi dengan perencanaan, sehingga kurang efektif  dan efisien dalkam rangka singkronisasi perencanaan pembangunan.

“Bila penerapam e-Monev dapat dilakukan  secara menyeluruh, maka akan lebih memastikan tercapainya visi  dan misi kepala daerah  yang tertuang dalam RPJMD dan lebih tercapainya serapan anggaran dalam target kinerja program,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*