INFO
Pembenahan Infrastruktur TPA, Upaya Raih Adipura

Pembenahan Infrastruktur TPA, Upaya Raih Adipura

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya bersama instansi terkaitnya,
mulai melakukan pembenahan atau perbaikan tempat pembuangan akhir sampah (TPA) yang dianggap prioritas atau urgent dari sebuah penilaian Adipura

“Salah satu upaya untuk meraih Adipura, maka kita fokus untuk membenahi TPA. Salah satunya adalah perbaikan infrastruktur jalan masuk ke TPA,” ungkap Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Rabu (3/7/2019).

Selama ini kata Hera, penilaian untuk pengelolaan TPA yang berada di Jalan Tjilik Riwut Km 14 Kota Palangka Raya masih rendah. Padahal penilaian TPA adalah poin yang cukup tinggi untuk suatu wilayah bisa mendapatkan piala Adipura.

“Sepanjang dari pintu gerbang sampai lahan aea TPA Palangka Raya ini jalannya begitu hancur, sehingga perlu perbaikan,” ujarnya lagi.

Hera melihat, sel-sel jalan di kanan kiri TPA Palangka Raya, perlu dilakukan pengerukan, sehingga jalan itu bisa berfungsi dan pembuangan sampah tidak terkendala.

“Ya, metode TPA sudah seharusnya menggunakan sanitary landfill,”tuturnya lagi.

Selain perlunya perbaikan infrastruktur jalan ke TPA, disi lain lanjut Hera, sarana prasarana pendukung TPA seperti alat berat untuk mengangkut atau pengurai sampah perlu dilengkapi.

“Pemko akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah provinsi, apakah nantinya bisa membantu pemko dalam upaya pembenahan TPA ini,” cetus Hera. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*