INFO
Pembenahan Pasar Tradisional di Palangka Raya Dinilai Tepat

Pembenahan Pasar Tradisional di Palangka Raya Dinilai Tepat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kalangan anggota DPRD Kota Palangka Raya mendukung  rencana pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya untuk melakukan pembenahan atau perbaikan serta penataan infrastruktur beserta fasilitas di beberapa kawasan pasar tradisional di kota Palangka Raya.

Bahkan kata Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti pihaknya akan sangat mendukung rencana penganggaran demi menata kembali beberapa pasar tradisional yang sebagian besar bangunan infrastruktur pasarnya dalam kondisi sudah mulai rusak.

“Ya, kami menilai pembenahan pasar tradisional sudah tepat, apalagi ini kan berhubungan dengan kepentingan masyarakat. Dimana semua membutuhkan pasar beserta fasilitasnya yang mampu membuat nyaman,” tutur Alfian, Selasa (08/01/2019).

Kata Alfian, pihak Disperindag kota telah menganggarkan Rp 1,4 Miliar untuk pembangunan fasilitas penunjang pasar tradisional. 

Dengan gelontoran dana sebesar itu, maka diharapkan  mampu membuat wajah pasar-pasar tradisional yang awalnya dibeberapa titik agak kumuh bisa menjadi lebih baik.

“Kalau bisa tidak hanya sebatas perbaikan, namun hingga pemeliharaan berkelanjutan harus dianggarkan. Supaya apa yang sudah dibangun tidak menjadi mubazir dan terlantar,” cetusnya.

Alfian mencontohkan Pasar Kahayan yang kondisinya memprihatinkan dimana masih begitu banyak blok pedagang yang kosong, sehingga menjadi tidak terawat dan rusak. Padahal ketika baru selesai dibangun, kondisi infrastrukturnya sangat baik.

“Jadi, apapun nanti fasilitas yang diperbaiki mohon agar diperhatikan kembali perawatannya. Jangan ada yang sia-sia,” ingat Alfian.

Sebelumnya, Kepala Disperindag Kota Ikhwanudin mengungkapkan jika pada 2019 ini pihaknya menganggarkan Rp 1,4 Miliar untuk pembangunan fasilitas penunjang pasar tradisional, salah satunya Pasar Kahayan.

“Blok-blok di Pasar Kahayan tempat berjualan es batu, ikan, sayur, daging ayam dan produk lain akan menjadi prioritas. Terutama untuk penataan blok yang masih kosong, akan kembali kami lakukan,” terangnya. (MC. Isen Mulang.1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*