INFO

Pemerataan Penempatan Guru Segera Dilaksanakan di Pemko Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebut sukses atau tidaknya pemerataan guru di berbagai daerah tidak bergantung kepada Pemerintah Pusat. Menurutnya, justru lebih bergantung kepada kesiapan Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Salah satu permasalahan utama yang dihadapi Pemerintah Kota Palangka Raya adalah pemerataan tenaga pendidik yaitu guru. Dalam wawancara di kantor Dinas Pendidikan Jalan RA. Kartini no.1 Palangka Raya. Selasa (21/1/2020).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Jhonson Gultom menyampaikan, “Segera dilaksanakan pemeratan guru terutama guru mata pelajaran agama karena ada guru yang kurang pada satu sekolah sedangkan sekolah yang lain kekurangan guru”. Karena lebih lanjut Jhonson Gultom menjelaskan, “Karena dulu penempatan guru, bukan di mana sekolah yang kosong guru agamanya, tetapi berdasarkan keinginan yang bersangkutan”. Hal inilah yang akan ditata ulang, sehingga nanti tidak ada tumpang tindih penempatan, yang dampaknya juga berpengaruh kepada persyaratan sertifikasi guru guru yang bersangkutan.

Ditambahkan juga akan ada penarikan guru-guru PNS yang penempatannya di sekolah swasta akan ditarik kembali untuk mengajar di sekolah negeri, hal ini dilakukan juga untuk menutupi kekurangan guru di sekolah negeri. “Jadi semua guru PNS baik itu di TK, SD dan SMP Negeri akan ditarik ke Dinas Pendidikan dan akan ditempatkan di sekolah-sekolah milik pemerintah, ungkap Jhonson Gultom. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*