INFO
Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui instansi terkaitnya, diminta segera melakukan pengecekan dan pemeriksaan serta peningkatan pengawasan terhadap kesehatan hewan kurban, terutama menjelang hari raya Idul Adha 1440 H (2019 Masehi).

Wakil Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Sugianor mengatakan,  jika dinas terkait yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan harus segera melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Baik di tempat penampungan ataupun di pasaran.

“Perlu juga dilakukan sosialisasi dan bimbingan teknis. Baik kepada petugas serta panitia pelaksan kurban,” cetusnya, Jum’at (26/7/2019).

Hal ini kata Sugianor penting, mengingat hewan kurban juga akan diberikan kepada masyarakat, harus terjamin kesehatannya, sehingga masyarakat  bisa menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman.

Selebihnya Sugianor mengingatkan masyarakat, untuk lebih teliti memperhatikan kesehatan hewan kurban yang dibeli sebelum dipotong. Beberapa ciri umum yang bisa dikenali masyarakat adalah pada fisik hewan kurban, baik sapi ataupun kambing yang sehat untuk bisa dipotong.

Pilihlah hewan kurban yang postur tubuhnya bagus, tidak pincang, lincah dan nafsu makannya bagus serta tidak kurus. Bulu hewan tidak kusam dan tak berpenyakit kulit. “Ini agar hewan kurban yang dikonsumsi tidak memberikan efek buruk terhadap kesehatan manusia,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*