INFO
Pemerintah Kota Palangka Raya Gelar Bimtek SLRT dan Puskesos

Pemerintah Kota Palangka Raya Gelar Bimtek SLRT dan Puskesos

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bimtek Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) tahun 2019 dilaksanakan di Ruang Rapat Peteng Karuhei II Kantor Walikota Palangka Raya (22/10/2019) oleh Dinas Sosial Pemerintah Kota Palangka Raya selama 2 (dua) hari dari tanggal 22 s.d 23 Oktober 2019.
 
Bimtek dibuka resmi oleh Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dan dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kalimantan Tengah dan Tim Teknis Direktorat Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Dirjen Pemberdayaan Sosial.
 
Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya H. Akhmad Fauliansyah mengatakan tujuan diadakannya Bimtek ini untuk meningkatkan kompetensi para peserta dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan memudahkan masyarakat mengakses berbagai perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan di wilayah Kota Palangka Raya.
 
Bimtek SLRT dan Puskesos diikuti oleh 70 orang meliputi 1 orang Manager yang berasal dari Dinsos Kota Palangka Raya, 3 orang Supervisor yakni 1 orang dari ASN dan 2 orang dari unsur Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). 
 
Fasilitator sejumlah 50 orang berasal dari unsul Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Karang Taruna dan Kader Masyarakat dari setiap Kelurahan. Petugas Puskesos sebanyak 6 orang yang ditugaskan di Kelurahan Pahandut dan Kalampangan, Front Office dan Back Office sebanyak 5 orang yang berasal dari Unsur ASN serta 5 orang dari Dinas Sosial.
 
Senada dengan yang dikatakan Akhmad Fauliansyah, Muhammad Fahmi Ambrullah sebagai narasumber dari tim teknis Dirjen Pemberdayaan Sosial mengatakan dengan adanya Bimtek ini diharapkan dapat memperoleh manfaat dan bisa mengemban fungsi utama SLRT dan Puskesos.
 
“Dengan adanya kegiatan ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan SLRT dan Puskesos yang pada akhirnya dapat membantu masyarakat miskin dan rentan miskin di wilayah Kota Palangka Raya untuk mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera dalam kehidupannya” ungkap Fahmi.
 
Hadirnya SLRT dan Puskesos di Kota Palangka Raya, masyarakat miskin dan rentan miskin akan lebih mudah mengakses berbagai program dalam rangka memenuhi kebutuhannya, mereka tidak perlu lagi datang ke OPD/ Dinas terkait untuk memenuhi kebutuhannya, tetapi cukup mendatangi pusat sekretariat SLRT, dan pemerintah daerah juga dapat mengintegrasikan dan turut mendukung layanan antar OPD yang secara teknis pelaksanaan SLRT dalam memenuhi kebutuhan masyarakat”, tutup Fahmi.(Isen Mulang/Rani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*