INFO
Pemerintah Kota Palangka Raya Melaksanakan  Bimtek Aplikasi E-Planning

Pemerintah Kota Palangka Raya Melaksanakan Bimtek Aplikasi E-Planning

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Badan Perencanaan Pembangunan Kota Palangka Raya (BAPPEDA) melaksanakan Bimbingan Teknis  Aplikasi E-Planning, bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei II Kantor Walikota Palangka Raya, Senin (19/8/2019).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDDA) Kota Palangka Raya, Ahmad Fordiansyah dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya Bimbingan Teknis E-Planning ini adalah untuk meningkatkan koordinasi dan pemahaman terkait peningkatan kualitas penyelenggaraan pembangunan daerah serta meningkatkan pemahaman bersama antara pemerintah pusat dan daerah terkait penerapan sistem informasi pembangunan daerah dalam penyelenggaraan pembangunan daerah dan aplikasi ini bersifat terbuka untuk dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain khususnya aplikasi  E-budgeting untuk menjaga konsistensi antar perencanaan dengan penganggaran serta melatih calon administrator dan operator aplikasi e-planning sebagai sistem informasi penyusunan perencanaan pembangunan daerah.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palangka Raya, Kandarani, mengatakan perencanaan pembangunan daerah bertujuan untuk mewujudkan  pembangunan daerah, dalam rangka peningkatan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan usaha meningkatkan akses, kualitas pelayanan publik dan daya saing.

Dalam akses perbaikan sistem  yang dilakukan dimana semua orang dituntut  untuk bergerak  cepat menyesuaikan  dengan kondisi yang ada  termasuk dalam sistem perencanaan pembangunan daerah saat ini.

E-Planning merupakan salah satu upaya dalam rangka mewujudkan sistem perencanaan pembangunan daerah. E-planning adalah sebuah alat yang dapat mengintegrasikan penyusunan RPJMD, RKPD, KUA PPAS agar dapat terselesaikan dengan cepat tepat akurat dan transparan sesuai dengan amanat peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  86 tahun 2017.

Kepala Pusat Pengembangan Sistem Informasi dan Manajemen Pembangunan (PUSBANGSIM) Universitas Darma Persada Jakarta,  Andi Erwing yang menjadi narasumber bimbingan teknis aplikasi e-planning ini mengatakan E-Planning ada karena kita ingin menggambarkan dokumen rencana lima tahun maupun satu tahun dan musrenbang  secara lengkap secara online sehingga terarah apa yang akan kita rencanakan.

Jadi nanti semua proses verifikasi dari kelurahan, kecamatan, forum SKPD dan untuk Menyusun RPJMD, Renstra, RKPD, Renja nanti semua akan terverifikasi secara online dan kita harus menyusun rencana pembangunan secara sistematis melalui sebuah sistem yaitu sistem Digital Goverment dan Digital E-Planning, tutup Erwing. (MC.Isen Mulang/Adi/Fauzy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*