TERKINI

Pemerintah Kota Palangka Raya Siapkan Pembentukan Sekretariat PPNS

Pemerintah Kota Palangka Raya Siapkan Pembentukan Sekretariat PPNSMEDIA CENTER, Palangka Raya- Dalam rangka upaya untuk mendukung optimalisasi peran dari Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya hingga saat ini tengah mempersiapkan untuk membentuk Sekretariat PPNS.

Untuk maksud tersebut maka dilakukan rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palangka Raya, Rabu (20/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut Hera Mengatakan bahwa pertemuan ini adalah untuk persiapan dalam membentuk Sekretariat PPNS, dan ini merupakan bentuk inovasi, kepedulian dari Bapak Wali Kota Palangka Raya melalui Satpol PP untuk bisa lebih melayani masyarakat.

“Persiapan pembentukan PPNS ini utama nya adalah dalam rangka penegakan peraturan daerah (Perda) di Kota Palangka Raya”, tambah Hera.

Mengingat, selama ini PPNS juga belum memiliki Sekretariat dan belum terorganisir dengan baik, namun sejatinya telah memiliki potensi PPNS cukup banyak dan ada yang tersebar di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Namun mereka ini sudah dilatih dan dibiayai pelatihan, sehinga perlu diberdayakan agar lebih optimal.

“Nah ini lah yang mendorong kita, terlebih di luar sana banyak sekali pelanggaran-pelanggaran perda baik masyarakat secara luas dan ini juga dalam rangka kita untuk mengoptimalkan PAD Kota Palangka Raya,” jelasnya.

Kendati demikian, Hera juga menambahkan bahwa, dalam pertemuan rapat kali ini ia pun berinisiatif langsung meminta arahan dari Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Kalteng.

Ungkapnya, berkaitan hal tersebut rupanya juga mendapat apresiasi dan mendukung agar Kota Palangka Raya ini agar lebih baik lagi dalam penegakan Perda.

“Kita akan bentuk melalui perwali makanya ini sedang kita bahas untuk poin-poin yang ada di dalam draf peraturan walikota, untuk di evaluasi nanti ke Provinsi dan akan kita konsultasikan ke Kemenkumham juga,” tutupnya (MC. Isen Mulang/Nitra/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*