INFO
Pemilu 2019, Partisipasi Pemilih Pemula Perlu Dimaksimalkan

Pemilu 2019, Partisipasi Pemilih Pemula Perlu Dimaksimalkan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pada 17 April mendatang merupakan hari  H dari pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) 2019, dimana masyarakat akan menyampaikan hak aspirasinya guna memilih para pemimpinnya untuk lima tahun kedepan. Baik pemilihan anggota legislatif (pileg), dan pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres).

Dengan semakin dekatnya pelaksanaan pemilu tersebut, maka  kalangan anggota DPRD Kota Palangka Raya mengingatkan penyelenggara pemilu untuk memaksimalkan partisipasi pemilih pemula. Sebab potensi pemilih pemula sangat besar dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Seperti harapan yang disampaikan anggota DPRD Kota Palangka Raya, Diu Husaini, dia meminta pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, untuk memaksimalkan sosialisasi kepada pemilih pemula menjelang pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

“Pemilih pemula ini banyak yang belum tahu tata cara memberikan hak aspirasi, maka dari itu harus lebih gencar mensosialisasikannya, baik itu tata cara maupun pengertian pesta demokrasi itu sendiri,” ucapnya, Senin (18/2/2019).

Diu mengharapkan KPU dapat melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah secara berkala, sehingga saat pemilihan pada bulan April mendatang pemilih pemula tidak lagi mengalami kesulitan  dalam menyampaikan suaranya melalui pencoblosan.

“Selain itu KPU diharapkan bisa memastikan para pemilih pemula ini bisa masuk sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga nantinya bisa bersemangat menyuarakan aspirasinya,” ucapnya.

Dalam hal lain, Diu juga mengajak seluruh masyarakat Kota Palangka Raya untuk berpartisipasi menyukseskan pemilu 2019, sebagaimana target partisipasi yang diharapkan KPU pusat sebesar 80 persen partisipasi bisa tercapai. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*