INFO
Pemindahan Ibukota Merupakan Kebutuhan Bangsa

Pemindahan Ibukota Merupakan Kebutuhan Bangsa

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto mengatakan, jika menguatnya wacana pemindahan Ibukota Pemerintahan RI ke Pulau Kalimantan adalah merupakan kebutuhan  bangsa.

“Rencana pemindahan Ibukota Pemerintahan RI ini tentu tidak lepas adanya suatu kebutuhan bangsa Indonesia,” ungkapnya, Selasa (30/7/2019).

Wilayah Kalteng sendiri kata Sigit, juga menjadi daerah yang  digadang-gadangkan kuat  sebagai calon lokasi pemindahan Ibukota tersebut.
Namun perlu diingat kata dia, keinginan Kalteng menjadi ibukota pemerintahan RI, bukanlah kemauan satu kelompok atau masyarakat Kalteng, namun semuanya  lebih kepada kebutuhan dan harapan bangsa Indonesia.

“Ibukota RI di Jakarta sudah tidak representatif dengan kepadatan penduduknya, sehingga diperlukan suatu wilayah untuk menjalankan roda pembangunan di NKRI ini,” tambahnya lagi.

Menurut Sigit, suka atau tidak suka, mau tidak mau,  jika wilayah Kalteng ditunjuk atau dipilih menjadi Ibukota Pemerintahan RI, maka masyarakat Kalteng harus siap karena ini merupakan kebutuhan bangsa yang sangat perlu dilaksanakan untuk pemerataan pembangunan dan ekonomi masyarakat.

Sementara mengenai infrastruktur, jelas Kalimantan Tengah masih harus melakukan pembenahan. Sedangkan disisi lain Kalteng sejatinya memerlukan dukungan pemerintah pusat agar infrastruktur lebih memadai.

“Dulu kita membangun Palangka Raya ini mulai dari nol (0), namun sekarang sudah sangat berkembang pesat,  tinggal melakukan pembenahan dan perbaikan saja,” sebutnya.

Disadari tambah Sigit, terkait rencana pemindahan Ibukota ini, memang ada pro dan kontra di tengah masyarakat. Namun pada intinya, bagaimana pemerintah memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat bahwa pemindahan Ibukota ini merupakan kebutuhan bangsa. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*