INFO
Pemko Bertekad Sapu Bersih Pungutan Liar

Pemko Bertekad Sapu Bersih Pungutan Liar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kegiatan sosialisasi saber pungli yang melibatkan Kepala Sekolah  mulai dari TK, SD/MI dan SMP/MTs se Kota Palangka Raya, di Ruang Rapat Peteng Karuhei II Kantor Walikota Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 Palangka Raya, Sabtu (15/6/2019).

Hera Nugrahayu selaku Sekda dalam menyampaikan sambutan Walikota mengatakan praktek pungutan liar  (pungli) telah merusak sendi kehidupan di masyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga pemerintah memandang perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efesien dan menimbulkan efek jera.

Dalam proses pelayanan publik, posisi masyarakat sangat rentan menjadi korban pungutan liar karena daya tawar yang rendah, masyarakat di paksa menyerahkan sejumlah uang tambahan, karena ketiadaan lembaga pengawasan yang efektif untuk memaksa birokrat yang kerapkali melakukan pungutan liar.

Lanjutnya,  pengaduan masyarakat selalu mendapatkan perhatian dari Inspektorat sebagai lembaga pengawas internal, tetapi kadang masyarakat membiasakan memberi uang tanpa mampu bersifat kritis melakukan penolakan.

Kesempatan tersebut Hera Nugrahayu, meminta: pertama, agar seluruh Kepala sekolah TK, SD/Mi dan SMP/MTs agar tidak melakukan modus yang terselubung yang mengatasnamakan Rapat Komite Sekolah.  Kedua, Bagi siapa saja Pejabat dan atau ASN, Walikota selaku pembina kepegawaian akan melakuka tindakan tegas. Ketiga, Penguatan sistem yang terintegrasi dalam penerimaan Peserta Didik tahun ajaran baru. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*