INFO
Pemko Palangka Raya Adakan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) 

Pemko Palangka Raya Adakan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama, karena itu pemenuhan pangan merupakan bagian dari hak asasi individu dan sebagai komponen dasar untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.
 
Kenyataan sampai saat ini pola konsumsi masyarakat belum memenuhi kaidah Gizi yang seimbang. Konsumsi sayuran dan buah-buahan masih rendah,  begitu pula kualitas konsumsi protein sebagian besar dari protein nabati. sampai saat ini berbagai penelitian membuktikan tidak ada satupun jenis pangan yang lengkap gizinya. Oleh karenanya diperlukan pangan yang beragam,  bergizi seimbang dan aman.
 
Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) resmi dibuka oleh Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, bertempat di Rumah Jabatan Walikota Palangka Raya, Selasa (23/7/2019).
 
Fairid Naparin mengatakan bahwa
Festival Pangan Lokal ini merupakan salah satu cara pengenalan masyarakat dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang memanfaatkan potensi pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman dengan komposisi yang seimbang dan bernilai komersil.
 
“Sisi pangan yang sehat ubi-ubian, kacang-kacangan, pangan hewani, sayur dan buah-buahan komposisi yang ideal yang di anjurkan” ucapnya.
 
Strategi dari sisi hilir yang dilakukan meliputi pengembangan pengolahan pangan lokal berbasis industri rumah tangga, inovasi resep khas nusantara serta kampanye atau gerakan sosialisasi dan promosi untuk mengubah mindset masyarakat dalam pola konsumsi pangan, pungkas Fairid. (MC Isen Mulang/Iin/Gusti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*