INFO

Pemko Palangka Raya Akan Adakan Seminar Nasional Pemindahan Ibukota RI

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya akan mengadakan seminar nasional dengan tema ‘Wacana Pemindahan Ibukota Negara, Pengaruh Kebijakan, dan Masa Depan Negara. Rencananya seminar ini akan diadakan pada 17 November 2017.

Kabar akan diadakannya seminar nasional ini disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Palangka Raya, Barit Rayanto saat memimpin Seminar Hasil Kajian Zonasi Potensi Unggulan Pendukung Sistem Invonasi Daerah (SIDa), Kamis (26/10/2017).

Dalam seminar nanti Litbang Palangka Raya akan banyak melibatkan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) khususnya dinas teknis yang paling menguasai soal tata ruang seperti Bappeda Kota Palangka Raya, dan dinas lainnya. 

“Nanti saya akan banyak libatkan bapak Margalis (Kabid Tata Ruang Bappeda Kota Palangka Raya) saat seminar,” kata Barit. Rencananya dalam seminar ini Pemerintah Kota Palangka Raya akan melibatkan Universitas Indonesia dan Universitas Palangka Raya.

Dalam seminar yang akan diadakan di Swissbel Hotel Danum, Palangka Raya ini rencanananya akan menghadirkan nara sumber seperti Manteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas, Bambang Brodjonegoro, Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, Rektor Universitas Palangka Raya,  Walikota Palangka Raya Riban Satia, dan Ahli Arsitektur Perkotaan Universitas Indonesia Antony Sihombing.

Tujuan diadakannya seminar ini untuk memberikan pemahaman atau penyadaran terhadap pengaruh dan kebijakan setelah diberlakukannya pemindahan ibukota dan memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang isu pemindahan ibukota negara ke Palangka Raya.

Dalam seminar ini juga akan membahas enam subtema. Di antaranya tentang perancangan perkotaan ibukota negara, kajian transportasi ibukota negara, tata ibukota ditinjau dari permukiman, ekonomi perkotaan dan prediksi perekonomian ibukota, potensi dan pengembangan pariwisata, serta tema lain yang dianggap relevan dterhadap wacana pemindahan ibukota RI ke Palangka Raya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*