INFO

Pemko Palangka Raya Bayari 17.930 Warga Miskin Jadi Peserta BPJS Kesehatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepedulian Pemerintah Kota Palangka Raya untuk melindungi masyarakat miskin dari asuransi kesehatan cukup bagus dibandingkan dengan kabupaten lain di provinsi Kalimantan Tengah.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan per April 2017 ini total warga miskin yang premi asuransi kesehatannya sudah dibayari oleh pemerintah kota mencapai 17.930 jiwa.

Setiap bulan premi asuransi ke-17.930 itu dibayar oleh pemerintah kota melalui dana APBD. Berdasarkan data itu pula jika dilihat kepesertaan untuk warga miskin yang preminya dibayar oleh APBD untuk Palangka Raya paling banyak.

Sedangkan empat kabupaten yang merupakan cakupan layanan BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya seperti Kabupaten Katingan hanya 2.000 jiwa, Gunung Mas 7.415 jiwa, Pulang Pisau 5.199 jiwa, dan Kapuas 1.218 jiwa.

Kanit Hukum, Komunikasi, dan Kepatuhan BPJS Cabang Palangka Raya, Kartiningsih, mengapresiasi pemerintah kota yang telah peduli dengan masyarakatnya.

Bentuk kepedulian itu diperlihatkan dengan banyaknya warga yang telah dimasukan menjadi peserta BPJS Kesehatan yang preminya dibayar melalui APBD atau penerima bantuan iuran (PBI).

Sementara itu selain dari pemerintah kota Palangka Raya ternyata ada 35.579 jiwa masyarakat miskin yang juga sudah dimasukan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Bedanya ke-35.579 jiwa itu premi asuransinya dibayari oleh pemerintah pusat melalui dana APBN.

Sedangkan untuk Kalteng Berkah juga ada 5.341 warga miskin di Kota Palangka Raya yang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Kartiningsih menuturkan khusus untuk menjaring peserta dari perseorangan, maka BPJS Kesehatan sejak awal Maret 2017 telah meluncurkan program dropbox.

Melalui program ini BPJS menaruh layanan di kantor pemerintahan seperti Dukcapil dan Kantor Kelurahan. Bagi warga yang berminat menjadi peserta BPJS bisa mengisi formulir dan nantinya akan diambil oleh petugas untuk dicetak kartunya.

“Khusus untuk Palangka Raya ada 79 peserta mandiri sejak diluncurkannya program dropbox,” tutur Kartiningsih saat sosialisasi program BPJS Kesehatan, Selasa sore bertempat disebuah cafe di kawasan Jl. S.Parman Palangka Raya (11/7/2017). (MC. Isen Mulang/nai)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*