TERKINI
Pemko Palangka Raya Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan

Pemko Palangka Raya Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei II, Rabu (21/9/2022). Pemerintah Kota Palangka Raya menggelar rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan tahun 2022.

Adapun rapat tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Palangka Raya melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Amandus Frenaldy dan di hadiri sejumlah pejabat di setempat.

Dalam sambutannya amandus menyebutkan bahwa kemiskinan merupakan salah satu Prioritas Pembangunan Nasional yang tertuang dalam RPJMN.

Dikatannya bahwa berdasarkan Kota Palangka Raya dalam angka tahun 2022 Jumlah penduduk miskin kota Palangka Raya tahun 2018 sebanyak 9.782 jiwa, tahun 2019 (9.690 jiwa), tahun 2020 (10.220 jiwa) dan tahun 2021 (10.860 jiwa)

“Oleh sebab itu, melihat dari angka tersebut terlihat terjadi peningkatan permasalahan kemiskinan. Ini merupakan masalah yang sangat kompleks yang perlu mendapatkan penanganan secara terkoordinasi dan terencana” kata Amandus.

Selain itu, ia menyebutkan juga bahwa untuk mewujudkan sinkronisasi dan harmonisasi perencanaan penanggulangan kemiskinan di daerah Provinsi dan daerah Kabupaten/Kota, maka dibutuhkan penyusunan Rencana Penanggulangan Kemsikinan Daerah (RPKD).

RPKD menjadi bagian RPJMD dalam mengintegrasikan program penanggulangan kemiskinan dan menjadi wadah untuk menguraikan permasalahan kemiskinan yang kompleks di daerah.

Dalam kesempatan ini, ia juga meminta agar TKPK dapat memastikan apakah pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di kota Palangka Raya sudah berdasarkan dengan kebijakan program Pemerintah Daerah yang dilakukan secara sistematis, terencana, dan bersinergi dengan dunia usaha dan masyarak.

“Adapun strategi yang saya maksud ini ialah Pengurangan beban pengeluaran masyarakat miskin, Peningkatan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin”, sebutnya.

“Sementara programnya meliputi bantuan sosial dan jaminan sosial terpadu berbasis rumah tangga, keluarga, atau individu, Program pemberdayaan masyarakat dan penguatan pelaku usaha mikro dan kecil dsb”, tutupnya. MC. Isen Mulang/Nitra/wspd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*