INFO
Pemko Palangka Raya Gelar Sosialisasi ASB

Pemko Palangka Raya Gelar Sosialisasi ASB

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), menggelar sosialisasi analisis standar belanja (ASB) Kota Palangka Raya. 

Kegiatan itu dibuka oleh Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio di Aula  Peteng Karuhei (PK) II kantor walikota Palangka Raya, Rabu (12/9/2018).

“Kegiatan ini bertujuan untuk penyesuaian standarisasi yang digunakan untuk menganalisis kewajaran beban kerja atau biaya setiap program atau kegiatan pada setiap perangkat daerah (PD) di lingkup Pemko Palangka Raya,” ungkap Plt Kepala BPKAD Kota Palangka Raya, Absiah dalam laporannya.

Menurutnya, dari hasil kegiatan tersebut dapat menjadi acuan dan pedoman bagi setiap PD dalam menyusun RKA tahun anggaran 2018, terutama berkaitan dengan belanja langsung dan tidak langsung.

Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio dalam stresingnya mengatakan, sosialisasi ASB ini diharapkan dapat tercapainya efisiensi dan efektifitas pelaksanaan APBD di setiap PD di lingkup Pemko Palangka Raya 

Sosialisasi ASB ini memiliki makna strategis sebagai langkah awal penyusunan APBD Kota Palangka Raya. Karenanya semua PD harus membangun komitmen bersama untuk melakukan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah yang diawali dengan penyusunan APBD.

Terlebih pada masa sekarang ini, tuntutan transparansi dan akuntabilitas atas pengelolaan keuangan daerah semakin meningkat. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara ekonomis, efisien dan efektif.

“Cara yang dapat diambil oleh pemerintah dalam pengelolaan keuangan, yakni harus ekonomis, efisien dan efektif, yaitu dengan menyusun ASB,” terangnya.

Tambah Mofit, undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah menyatakan, perlunya ASB dalam pengelolaan keuangan daerah. “ASB yaitu kewajaran atas beban kerja dan biaya yang digunakan saat melaksanakan suatu kegiatan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*