INFO

Pemko Palangka Raya Ikuti Pawai Budaya di Semarang

MEDIA CENTER, Semarang –  Parade Budaya menjadi salah satu rangkaian agenda Rakernas XIV APEKSI Tahun 2019 yang dilaksanakan disepanjang Jalan Pemuda Semarang, Rabu (3/7/2019) yang dimulai pukul 19.00 WIB dan diikuti oleh 4.100 orang  peserta dari 98 Kota di seluruh Indonesia.
 
Walikota Semarang, Hendrar Prihadi menyampaikan bangga karena Semarang menjadi tuan rumah rapat kerja nasional ke XIV APEKSI Tahun 2019, sekaligus memperkenalkan Semarang Night Carnival yang telah berlabel internasional dan telah berlangsung selama tiga tahun terakhir ini.
 
Pemerintah Kota Palangka Raya yang menjadi bagian dari peserta carnaval dengan nomor urut 33, dipimpin langsung oleh Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin didampingi oleh Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto, Kepala OPD, Camat, dan Penari dari Sanggar Tunjung Nyaho.
 
Tim Kesenian Pemerintah Kota Palangka Raya, dalam pawai budaya mengangkat tema “Keragaman Dalam Kebhinekaan Suku Dayak di Kota Palangka Raya”.
 
Dengan menampilkan ragam atraksi kesenian daerah yaitu Tari Mandau dan Tari Gelang Dadas, Gelang Bawo.
Suatu bentuk apresiasi Seni Budaya Lokal yang tumbuh dan berkembang di Tanah Dayak Bumi Pancasila. 
 
Aset warisan leluhur yang menjadi salah satu keunikan Suku Dayak.
Ela Buli Manggetu Hinting Bulu Panjang,
Isen Mulang Manetes Rantai Kamara Ambu, yang artinya: Jangan Pulang Sebelum Memenangkan Peperangan dan Keberhasilan, Bersama Membangun Negri, Bersama Membangun Indonesia Dalam Bingkai Kebhinekaan. 
 
Pada kesempatan pawai budaya, Walikota Palangka Raya memberikan gelang Lilis Lamiang yang merupakan gelang asli Kalimantan yang dipercaya memiliki kemampuan untuk mengusir roh-roh halus dan diberikan kepada salah satu warga asli Semarang. (MC Isen Mulang/Iin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*