INFO

Pemko Palangka Raya Jalin Kerjasama Dengan BPN Perkuat Pelayanan Berbasis Online

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya jalin kerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional Kota Palangka Raya.

Perjanjian Kerjasama meliputi Integrasi Data Pertanahan, Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dant Perkotaan (PBBP2).

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilaksanakan di ruang rapat Badan Pengelola Pajak dan Retribusi ( BPPRD) Kota Palangka Raya, Senin (29/6/2020), dihadiri oleh Sekda Kota Raya, Hera Nugrahayu, Asisten II Kota Palangka Raya Amandus Frenaldy, Kepala BPN Kota Palangka Raya, Budi Perwakilan Bank di wilayah Kota Palangka Raya dan Kepala BPRD Kota Palangka Raya Aratuni serta sejumlah Kepala SOPD lainnya.

Hera Nugrahayu menyampaikan penendatangan perjanjian kerjasama antara pemerintah kota Palangka Raya dengan Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kota Palangka Raya untuk mengintegrasi dan sinkronisasi sistem data antara BPPRD dengan kantor BPN serta pihak yang terkait dengan pemungutan BPHTB dan PBBP2.

“Pertemuan ini juga untuk membangun sinergi yang lebih luas lagi di berbagai hal dengan pihak BPN Kota Palangka Raya dan langkah awal juga membangun kerjasama dengan pihak perbankan dalam pemungutan pajak daerah secara terintegrasi,”ujar Hera Nugrahayu.

Terlebih kondisi saat ini memasuki tatanan kehidupan baru (new normal) sambung Hera, penguatan di bidang informasi teknologi (IT) akan ditingkatkan sehingga warga tidak lagi ke kantor mengurus administrasi di bidang pertanahan maupun retribusi.

“Kita akan perkuat pelayanan berbasis online. Masyarakat bisa mengaksesnya lewat online terkait BPHTB dan PBBP2,”ungkap Hera

Menurutnya dengan adanya kerjasama ini akan mewujudkan percepatan pelaksanaan pembangunan daerah dalam bidang penyediaan data informasi nilai tanah dan mewujudkan tata kelola administrasi pertanahan dan penyediaan data informasi yang baik. (MC. Isen Mulang/Rani/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*