TERKINI

Pemko Palangka Raya Komitmen Mencapai UHC

Pemko Palangka Raya Komitmen Mencapai UHCMEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Kesehatan menggelar Rapat Koordinasi (Program Jaminan Kesehatan Daerah) Jamkesda Lintas Sektor, bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei I Kantor Walikota Palangka Raya, Rabu (30/6/2021).

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Amandus Frenaldi, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palangka Raya Absiah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dr. Andjar, Kepala Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) cabang Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan, serta perwakilan dari Dinas Sosial.

Dalam sambutannya Wali Kota Palangka Raya yang diwakili oleh Asisten II, Amandus Frenaldi menyampaikan, “Tujuan Jamkesda ini melindungi kesehatan masyarakat, menjamin keterjangkauan masyarakat terhadap kesehatan yang bermutu, serta memberdayakan masyarakat bersama pemerintah dalam pelayanan kesehatan” .

Sarana dan prasarana Jamkesda yang ada di kota Palangka Raya, Rumah Sakit ada 6 buah (1RSUD Kota, 1 RS Provinsi, 2 RS TNI/POLRI dan 2 RS swasta yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan), terdapat juga 11 Puskesmas.

Dalam rapat tersebut didapat Perihal mutasi peserta program (Kartu Kalteng Berkah) KKB Tahun 2021 kota Palangka Raya sebanyak 3.085 jiwa, peralihan kepesertaan KKB menjadi peserta yang ditanggung Pemko Palangka Raya menambah beban anggaran Pemko 2021. Sehingga perlu segera proses verifikasi kepesertaan Jamkesda Kota Palangka Raya, untuk data yang akurat.

Diakhir Rapat Koordinasi tersebut Amandus Frenaldi menegaskan, “Pemko Palangka Raya tetap berkomitmen untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Kesehatan Semesta bagi masyarakat Kota Palangka Raya, dan proses pemindahan kepesertaan KKB, Dinas Sosial Kota Palangka Raya agar berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah” (MC. Isen Mulang/bamw/wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*