INFO
Pemko Palangka Raya Lakukan Sosialisasi  Penyusunan APBD tahun 2020

Pemko Palangka Raya Lakukan Sosialisasi Penyusunan APBD tahun 2020

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya melaksanakan sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 di Ruang Rapat Peteng Karuhei  II kantor Walikota Palangka Raya, Jumat (9/8/2019).

Sosialisasi ini di ikuti oleh SOPD lingkungan Pemko Palangka Raya yakni  Sektetaris,  kepala sub bagian perencanaan,  kepala sub bagian  Keuangan/ pejabat penataan keuangan,  tim anggaran pemda (TAPD)  kota dan  tim reviu dokumen perencanaan  pada Inspektorat Kota Palangka Raya.

Walikota Palangka Raya dalam sambutan yang disampaikan Plt.Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Kota Palangka Raya, Ikhwanudin, “Saya memintaepada tim Anggaran Pemko Palangka Raya dalam penyusunan APBD tahun 2020  harus mentaati Pedoman Penyusunan APBD tahun 2020 sebagaimana amanat Permendagri tersebut.

Walikota Palangka Raya mengharap prinsip pengelolaan keuangan daerah dapat diterapkan, diantaranya : pertama hemat tidak mewah, efesien, kedua terarah dan terkendali sesuai rencana program, ketiga menggunakan kemampuan dan hasil produksi dalam negeri, keempat mengutamakan rekanan pengusaha golongan ekonomi lemah.

Kasubdit Perencanaan Anggaran Daerah Wilayah 1 Direktorat  Jenderal  Bina Keuangan Kemendagri,  Riki dalam paparannya substansi pada Permendagri nomor 33 tahun 2019 adalah sinkronisasi kebijakan Pemerintah  Daerah dengan kebijakan Pemerintah Pusat; prinsip penyusunan APBD; kebijakan APBD; teknis penyusunan APBD dan Hal khusus lainnya.

Lanjut Riki,  point penting yang menjadi perhatian dalam permendagri adalah sinkronisasi kebijakan Pemerintah  Daerah dengan kebijakan Pemerintah disesuaikan dengan 5 prioritas pembangunan nasional tahun 2020 meliputi : pertama  Pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan,  kedua infrastruktur Dan pemerataan wilayah,  ketiga  nilai  tambah sektor riil, industrialisasi dan kesempatan kerja,  keempat ketahanan pangan,  air energi dan lingkungan hidup dan kelima stabilitas pertahanan dan keamanan. (MC. Isen Mulang/bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*