INFO
Pemko Palangka Raya Masuk Sebagai Salah Satu Nominasi 6 Peringkat Teratas Keterbukaan Informasi Publik

Pemko Palangka Raya Masuk Sebagai Salah Satu Nominasi 6 Peringkat Teratas Keterbukaan Informasi Publik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam rangka penganugerahan keterbukaan informasi publik di Provinsi Kalimantan Tengah dan berdasarkan hasil visitasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Kota Palangka Raya masuk sebagai salah satu nominasi 6 peringkat teratas keterbukaan informasi publik untuk 13 Kabupaten dan 1 Kota di Kalimantan Tengah.

Sebagai tindak lanjut pemeringkatan Komisi Informasi Pusat melakukan penilaian lebih lanjut kepada PPID Utama Kabupaten/Kota untuk menyampaikan paparannya terkait komitmen, koordinasi, dan inovasi dalam layanan keterbukaan informasi publik. Kegiatan ini dilaksanakan, Rabu (24/7/2019) di Hotel Luwansa Jl G. Obos Palangka Raya.

Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu selaku atasan PPID utama didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Drs. Aratuni, MT sebagai PPID utama hadir untuk memaparkan sejauhmana pelaksanaan keterbukaan informasi publik dilingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

Sekda Kota Palangka Raya dalam paparanya menyampaikan bahwa sebagai komitmen dari Pemerintah Kota Palangka Raya dalam hal keterbukaan informasi publik telah membentuk PPID Utama dalam hal ini Kominfo sebagai leading sektor dan dibantu oleh PPID pembantu yang berada di SOPD.

Pemerintah Kota Palangka Raya berusaha melaksanakan keterbukaan informasi publik sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang no 14 tahun 2008. Hal ini penting dan merupakan hal yang serius karena keterbukaan informasi publik ini menyangkut hak-hak dasar manusia dan hak asasi warga negara.

Untuk itu Pemerintah Daerah harus menyadari dan membuka peluang kemudian menyiapkan sarana prasarana, SDM, dan sumber daya lainnya dalam rangka mendorong seoptimal mungkin keterbukaan informasi publik.

Komitment yang paling kuat lagi sesuai dengan Visi dan Misi Walikota yang tertuang dalam RPJMD Kota Palangka Raya yang tersebutkan pada 3( tiga) misi Kota Palangka Raya yaitu, Smart Environment, Smart Society dan Smart Economy. Itu semua ada kaitannya dengan upaya Pemerintah Kota Palangka Raya untuk membangun pelayanan publik yang berbasis digital yang arah atau muaranya kepada bagaimana memberikan pelayanan publik terbaik berdasarkan asas-asas akuntabilitas, transparansi, efektif, efesien dan sebagainya.

Konsep transparansi inilah yang mau kita angkat. Memang masih belum optimal yang dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya menyangkut penganggaran, SDM, dan sebagainya. Tetapi salah satu bentuk komitmen dari kepemimpinan Walikota yang sekarang terlihat pada anggaran perubahan tahun 2019 untuk Diskominfo sebagai leading sektor dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi jumlah anggarannya telah naik 100% dan untuk keterbukaan informasi publik didalamnya salah satunya anggarannya naik 4 (empat)  kali lipat dari anggaran sebelumnya, itu sebagai bentuk komitmen Walikota dan jajarannya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat melalui keterbukaan informasi publik.

Juga yang perlu diperkuat di Pemerintah Kota Palangka Raya adalah mindset. Jadi kalau yang selama ini mungkin yang masih terjadi adalah mindsetnya belum sama. Jangankan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, di dalam SOPD dan antar SOPD saja kadang kala masih ada ego sektoral untuk menyimpan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh SOPD lainya. Belum terbuka, hal seperti inilah mulai kita dorong pada masa kepemimpinan Walikota yang sekarang melalui berbagai aplikasi yang ada dan melalui berbagai kegiatan sosialisasi agar mindsetnya sama.

Jadi tidak ada lagi informasi yang disembuyikan, kecuali ada informasi-informasi yang apabila dibuka menimbulkan dampak tertentu dan sifatnya terbatas dan ada pertimbangan nantinya apakah ini tidak layak bagi masyarakat karena akan menimbulkan dampak-dampak tertentu. Itulah yang mau kita dorong dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik, tutupnya. ( MC. Isen Mulang/Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*