INFO
Pemko Palangka Raya Mencari Alternatif Wilayah Pengembangan Agrowisata Berbasis Masyarakat

Pemko Palangka Raya Mencari Alternatif Wilayah Pengembangan Agrowisata Berbasis Masyarakat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Palangka Raya menyelenggarakan diskusi dengan SKPD terkait masalah pengembangan Agrowisata di Kota Palangka Raya. Dilaksanakan, Kamis (14/03/2019) di Ruang Rapat Peteng Karuhei 1, Kantor Walikota Palangka Raya.

Mewakili Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Margalis mengatakan, peluang sektor pariwisata cukup prospektif di kota Palangka Raya, sehingga balitbang sebagai peran dan fungsi meneliti dan mengembangkan, mencari potensi agrowisata yang berbasis pemberdayaan masyarakat pariwisata. (community based tourism).

Diharapkan kebun buah Slamet Riyadi di Kelurahan Kereng Bangkirai ada kemandirian, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, permerintah kota dapat membantu dalam mengembangkannya.

Persoalannya adalah bagaimana masyarakat tersebut dibina secara berkesinambungan, agar potensi-potensi yang dimiliki daerah kota Palangka Raya dapat digali secara optimal.

Sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal bagi petani, masyarakat, pengusaha dan menjadi sumber pendapatan yang dapat diandalkan, demikian dikatakan Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekretariat Daerah Kota Palangka Raya Ikhwansyah.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melalui Kepala bidang Kepariwisataan, Nining mengatakan bahwa kota Palangka Raya belum mempunyai objek wisata unggulan.

Sehingga merekapun sudah memulai mencari wilayah yang potensial, misalnya di daerah Kalampangan yang sudah bekerja sama dengan masyarakat setempat dalam wadah kelompok tani, dan diharapkan di tempat tersebut menjadi Agrowisata unggulan.

Dari sisi rute jalan untuk transportasi menuju ke agrowisata tersebut juga memerlukan kajian kembali, ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Eldy.

Kesimpulan akhir perlu kajian kembali dan dibentuk tim kecil untuk mengkaji dan mencari alternatif agrowisata lainnya selain agrowisata (Kebun buah milik Slamet Riyadi) di Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sabangau tersebut. (MC. Isen Mulang/ BambangW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*