TERKINI
Pemko Palangka Raya Mulai Memanfaatkan Digital Signature

Pemko Palangka Raya Mulai Memanfaatkan Digital Signature

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya. Bertempat Gedung Peteng Karuhei 2 di kantor Wali kota Jalan Tjilik Riwut, Palangka Raya, Rabu Siang (17/11/2021).

Dalam Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri pembicara dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Salah satunya Nanang Indarjo menyampaikan materi tentang Pemanfaatan tanda tangan elektronik (Digital Signature).

“Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) berdiri pada tahun 2017, Berdiri pada tahun 2017 Unit Pelaksana Teknis BSSN dalam hal Implementasi Sertifikat Elektronik di Pemerintah” ungkap Nanang.

Tugas dan Fungsi BSrE adalah Pelayanan sertifikasi elektronik pengelolaan sistem sertifikasi elektronik, dan pemenuhan teknis sistem sertifikasi elektronik. Berdasarkan kebutuhan user yaitu perlu adanya jaminan autentikasi terhadap sebuah dokumen sehingga tidak dapat disangkal dan dipalsukan.

Dijelaskan Pemanfaatan Sertifikat Elektronik antara lain, Digital Signature digunakan untuk menandatangani dokumen digital yang menjamin keaslian dokumen, autentikasi dan nir-penyangkalan, Proteksi email menjamin kerahasian dan integritas email dari penyadalan dan modifikasi serta menjamin autentikasi dan nir-penyangkalan pengirim email, Proteksi Dokumen menjamin keaslian dokumen, otentikasi dan nir penyangkalan pemilik dokumen serta kerahasian dokumen dan Secure Socket layaer (SSL) menjamin kerahasian, otentikasi dan integritas.

Nanang Indarjo yang juga sebagai Kepala Seksi Pemenuhan Teknis Sistem Sertifikasi Elektronik BSE menjelaskan, “Kenapa kita memakai tanda tangan digital?”, dijelaskan dengan memakai Tanda Tangan Elektronik, pemakaian 1 ton Kertas menghemat sampai 683,5 galon minyak, 26.500 liter air, serta 17 pohon. Ditambahkan selain itu masa pandemi Covid-19 perlu Social distancing, serta digital transformation mengikuti dari perkembangan teknologi.

Dalam PP Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) dijelaskan Tanda Tangan Elektronik tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi. (MC. Isen Mulang/bamw/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*