INFO
Pemko Palangka Raya Petakan Kebutuhan Sumber  Daya TIK

Pemko Palangka Raya Petakan Kebutuhan Sumber Daya TIK

MEDIA CENTER,  Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Kominfo Statistik dan Persandian bekerja sama dengan  tim Lembaga Penelitian Pengabdian (LPPM)  Universitas Palangka Raya melaksanakan kegiatan  Paparan Laporan Akhir Master  Plan Teknologi Informasi  dan Komunikasi ( TIK)  kota Palangka Raya 2019-2024.

Kegiatan ini di gelar diruang rapat BAPPEDA Kota Palangka Raya, Senin (2/9/2019) yang dipandu oleh Kadis Kominfo  Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban dan dihadiri oleh SOPD lingkup Pemko Palangka Raya.

Aratuni mengatakan berangkat dari kondisi eksisting TIK kota Palangka Raya sebagai langkah awal  dalam menyusun master plan TIK , maka dilakukan analisa  kebutuhan  untuk mengetahui gap (kesenjangan) dalam membangun teknologi informasi dan komunikasi, hasilnya dalam dokumen master plan TIK kota Palangka Raya memuat roadmap atau rencana aksi untuk lima tahun kedepan.

Tim LPPM Universitas Palangka Raya, Ariesta menjelaskan analisa kebutuhan sumber daya TIK kota Palangka Raya yakni analisa kebutuhan infrastruktur; diantaranya perangkat keras meliputi jumlah komputer/laptop yang memadai,  seluruh SOPD terhubung dengan jaringan internet yang disediakan oleh Diskominfo, Pemko Palangka Raya memiliki email server, web server,  application server.

Analisa kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) meliputi, operator/pengelola website disetiap SOPD,  pengelola jaringan dan data center di Diskominfo, chief information officer disetiap SOPD, training dan sertifikasi, analisa kebutuhan aplikasi dan sistem informasi meliputi modul kepegawaian,  modul pelayanan, aplikasi umum dan aplikasi khusus.

Lebih lanjut Ariesta katakan rencana aksi tata kelola TIK untuk tahun pertama yaitu pembuatan Perwali tentang Master Plan TIK sebagai payung hukumnya,  pembentukan dewan TIK,  perancangan SOP pemanfaatan TIK. (MC Isen Mulang/Tina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*