TERKINI
Pemko Palangka Raya Targetkan Tahun 2025 Pengurangan Sampah Mencapai 30%

Pemko Palangka Raya Targetkan Tahun 2025 Pengurangan Sampah Mencapai 30%

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya menargetkan pada tahun 2025 pengurangan sampah rumah tangga dan sejenisnya hingga 30%.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ahmad Zaini ketika dibincangi awak media di acara peresmian TPS 3R Merdeka di Jalan Merdeka Kota Palangka Raya, Selasa (12/10/2021).

Dikatakan Zaini, salah satu upaya pihaknya dalam mengurangi sampah yaitu dengan membangun sarana prasarana tempat pengelolaan sampah Reduce, Reuse, Recycle/TPS 3R.

Dikatakannya juga bawa adanya TPS 3R tersebut dapat mengurangi kuantitas dan/atau memperbaiki karakteristik sampah, yang mana sampah-sampah tersebut akan diolah secara lebih lanjut sampah.

“Untuk mengurangi sampah kami telah membangun sarana prasarana TPS 3R yang mana diharapkan dapat mendukung ketercapaian target pengurangan sampah sesuai dengan Peraturan Wali Kota Nomor 20 Tahun 2019 kentang Kebijakan Strategi Kota Palangka Raya dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga”, ucap Zaini.

Selain menargetkan pengurangan sampah 30 Persen, pada Tahun 2025 nanti pihaknya juga telah menargetkan dalam penanganan sampah hingga sebesar 70 persen.

“Tahun 2025 kami juga telah menargetkan penanganan sampah 70 persen hal tersebut guna menciptakan Kota Cantik Palangka Raya bebas dari sampah”, Ucap Zaini.

Untuk mencapai target pengurangan sampah tersebut, Zaini menerangkan bawa pemerintah tak bisa sendirian tetapi juga harus melibatkan sektor lain dari aktivis, swasta, hingga masyarakat.

“Kolaborasi sinergi antara pemerintah swasta dan aktivis sangat diperlukan dalam hal penanganan sampah. untuk itu, mari kita ciptakan lingkungan yang indah, sehat dan bersih dengan memanfaatkan pengelolaan sampah”, tutup Zaini. (MC. Isen Mulang/Nitra/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*