INFO
Pemko Palangka Raya Tetapkan Tanggap Darurat Karhutla

Pemko Palangka Raya Tetapkan Tanggap Darurat Karhutla

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya menetapkan untuk menaikan status kebencanaan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), dari siaga darurat karhutla menjadi tanggap darurat karhutla.

Pertimbangan itu tidak lain setelah melihat kondisi kabut asap yang kian buruk di Kota Palangka Raya sehingga ditetapkanlah status tanggap darurat karhutla.

Menurut Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Supriyanto, pada tanggal 16 September malam pemko sudah mengeluarkan SK tentang penetapan tersebut, dengan masa tanggap sampai 30 September mendatang.

“Ya Surat Keputusan (SK) Wali Kota Palangka Raya Nomor  188.45/435/2019 sudah disetujui oleh Wali Kota Palangka Raya. Terhitung mulai tanggal 16-30 September diberlakukannya tanggap darurat karhutla,” ungkapnya kepada sejumlah awak media, Selasa (17/9/2019).

Dikatakan, dengan telah ditetapkannya status tanggap darurat ini maka 15 poin penangganan karhutla akan segera dipenuhi.Seperti ruang oksigen atau rumah singgah, maupun poin penanganan lain.

“Saat ini kita kedepankan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Walaupun jauh sebelumnya kita sudah bergerak saat siaga darurat,” terangnya.

Ditambahkannya, selain memprioritaskan pelayanan kesehatan masyarakat,  maka upaya pemadaman asap yang masih ada di lahan gambut yang sempat terbakar, terus dilakukan.

“Perlu diketahui, titik api di Palangka Raya sudah berkurang.Namun sisa asap bekas lahan terbakar itu masih kami padamkan, sehingga tidak berkontribusi menambah kondisi kabut asap saat ini,” tutupnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*