INFO
Pemko Perlu Siapkan Lokasi Khusus Bagi PKL

Pemko Perlu Siapkan Lokasi Khusus Bagi PKL

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota Komisi A DPRD Palangka Raya Noorkhalis Ridha, mendorong pemerintah kota untuk menyediakan tempat khusus bagi pedagang kreatif lapangan (PKL).

“PKL sudah terlihat ramai disetiap sudut jalanan Kota Palangka Raya. Sebaiknya pemko perlu menentukan lokasi khusus bagi PKL, mengingat kondisi saat ini masih pandemi covid-19,”ungkapnya, Senin (3/8/2020).

Kata Ridha, perlunya lokasi khusus bagi PKL tidak lain sebagai upaya mengurai pusat titik kumpul masyarakat. “Bila ada lokasi khusus akan lebih tertata, sehingga warga pun tidak harus jauh-jauh pergi kepasar,” jelasnya.

Disisi lain, akan sangat baik apabila pemerintah dapat memfasilitasi sementara tempat berjualan para PKL tersebut. Dengan begitu para PKL tidak asal pasang lapak, karena sejauh ini banyak PKL yang tidak memahami tempat berjualan masuk dalam kawasan jalur hijau atau tidak.

Sebab itulah sudah seharusnya pemko melalui instansi terkait dapat melakukan penertiban kepada para PKL yang sudah menyalahi aturan seperti berjualan pada jalur hijau.

“Meskipun harus disadari, tidak cukup mudah untuk menertibkan PKL, karena butuh waktu dan tahapan serta pemahaman dari para PKL,” tukas Ridha.

Bila menengok kebelakang tambah politikus PAN Kota Cantik ini, sejatinya Pemko Palangka Raya sudah memiliki pegangan yaitu Surat Edaran (SE) Wali Kota Palangka Raya Nomor.330.1/521/Set.Pol.PP/XII/2016 terkait pengaturan berjualan bagi para PKL.

Dimana, hanya ada enam kawasan yang diijinkan untuk PKL berjualan. Yakni di Jalan Yos Sudarso, Seram, Dr Murdjani, Lombok, Halmahera, dan Jalan Ais Nasution.

“Jika masih ada yang berjualan diluar dari area tersebut, maka Satpol PP dapat melakukan tindakan penertiban,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/ic)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*