INFO
Pemkot Palangka Raya  Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik

Pemkot Palangka Raya Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya, pada kamis (15/7/2021) melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pemerintah Kota Palangka Raya Dengan Balai Sertifikat Elektronik (Bsre) Balai Siber Dan Sandi Negara (BSSN) Tentang Pemanfaatan Sertifikat Elektronik Di Lingkungan Kota Palangka Raya.

Penandatanganan yang dilangsungkan secara daring ini dilakukan oleh Hera Nugrahayu selaku Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya dan Renaldy Selaku Kepala BSre BSSN melalui aplikasi SIMANTAPS (Sistem Monitoring Layanan Sertifikat Elektronik). PKS ini berlaku sejak ditanda tangani mulai tahun 2021 hingga tahun 2025 mendatang.

 “Pelaksanaan PKS ini merupakan runtutan kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam menerapkan pelaksanaan sertifikat elektronik. Sebelumnya kita juga sudah melakukan sosialisasi, konsultasi, permohonan penerapan sertifikat elektronik, analisis kebutuhan, integrasi sistem, dan PKS menjadi tahap finalisasi sebelum penerapan elektronik pada system elektronik di Pemerintahan Kota Palangka Raya.” Kata Fifi Arfina Selaku Kadis Kominfo.

 Situasi Kota Palangka Raya yang saat ini berada pada zona merah Covid-19 membuat banyak kegiatan harus dibatasi. Meskipun begitu pelayanan publik masih harus terus berjalan. Dengan adanya sertifikat elektronik ini, masyarakat dapat lebih praktis dalam mengakses dokumen serta memberikan jaminan autentikasi dan anti penyangkalan transaksi elektronik.

“Kami berharap dengan adanya pemanfaatan sertifikat elektronik ini pelayanan publik dapat berjalan dengan lancar, efektif, dan efisien. Tanda tangan elektronik ini diletakan informasi elektronik yang terasosiasi sebagai verifikasi dan autentikasi untuk id digital, keutuhan dan keasliannya” tuturnya.

Pada tahap awal sertifikat elektronik ini akan di implementasikan pada aplikasi SIYAMDU (Sistem Pelayanan Terpadu) dari Dinas Penanaman Modal hingga Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palangka Raya.(MC. Isen Mulang/maria/nitra/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*