INFO
Penanganan Karhutla Sudah Habiskan Dana Rp2,3 Miliar

Penanganan Karhutla Sudah Habiskan Dana Rp2,3 Miliar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Supriyanto menyebut biaya penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sudah menghabiskan dana Rp2,3 miliar.

Dana ini berasal dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB). Dana ini masuk dalam pos belanja tidak terduga (BTT).

“Kita dapat dana Rp2,7 miliar, namun yang terpakai Rp2,3 miliar, sisanya masuk kas daerah,” kata Supriyanto seusai menerima kunjungan Tim Monitoring Evaluasi Satgas BNPB, Kamis (5/9/2019).

Supriyanto mengatakan dana yang tersedia masih tersisa, karena memang tidak memungkinkan untuk dikeluarkan, sehingga harus disetorkan lagi ke kas daerah.

Menurutnya dana Rp500 juta yang sudah disetorkan ke kas daerah tersebut tidak bisa ditarik lagi untuk menanggulangi Karhutla.

Solusinya biaya penanggulangan Karhutla selama masa perpanjangan status siaga ini dibebankan oleh masing-masing satuan organisasi perangkat daerah (SOPD). (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*