INFO
Penangkaran 12 Kambing Boer Untuk Pemurnian Bibit

Penangkaran 12 Kambing Boer Untuk Pemurnian Bibit

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Selain unggas, saat ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya sedang fokus mengembangbiakan kambing boer atau kambing pedaging.

Saat ini ada 12 ekor kambing boer sedang ditangkarkan. Penangkaran ini untuk pemurnian bibit kambing. Wilayah Kelurahan Kalampangan dipilih menjadi lokasi penangkaran.

Kabid Produksi Peternakan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya, Sugiyanto menjelaskan penangkaran ini dilakukan dalam rangka program plasma.

Tahun 2018 lalu pihak dinas mendatangkan kambing boer dari Jawa. Palangka Raya dianggap cocok untuk pengembangan kambing boer, karena memiliki rumput yang melimpah.

Sugiyanto mengatakan kambing boer yang saat ini dikembangkan oleh Puskeswan Kalampangan ini nantinya diharapkan bisa dikembangkan dalam jumlah banyak oleh masyarakat.

Saat ini konsumsi daging kambing menempati urutan ke-2 setelah daging sapi. Pemerintah daerah terus berupaya mencukupi kebutuhan daging kambing dan sapi. Salah satu caranya dengan pengembangbiakan melalui pendampingan kepada kelompok tani. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*