INFO
Pencanangan Revitalisasi Posyandu Kota Palangka Raya

Pencanangan Revitalisasi Posyandu Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kegiatan Pencanangan Revitalisasi Posyandu Tingkat Kota Palangka Raya yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dan Kegiatan Posyandu Indomaret bersama Frisian Flag dilaksanakan di Aula Bapelkes Provinsi Kalteng, Rabu (16/10/2019). 
 
Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dan Perwakilan Kepala Cabang Indomaret.
 
Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Kota Palangka Raya, Ikhwanudin dalam sambutannya mengatakan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dikelola dan di selenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.
 
Keberadaan Posyandu merupakan salah satu upaya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak, peran posyandu dalam sistem pelayanan kesehatan cukup penting terutama dalam pelaksanaan kesehatan ibu dan anak (KIA), imunisasi, gizi, KB, penanggulangan dan penyuluhan kesehatan masyarakat.
 
Revitalisasi Posyandu suatu upaya untuk meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu, secara garis besar  tujuan revitalisasi posyandu diantaranya terselenggarakannya kegiatan posyandu secara rutin dan berkesinambungan serta tercapainya pemberdayaan tokoh masyarakat dan kader melalui advokasi, orientasi, pelatihan atau penyegaran dan tercapainya pemantapan kelembagaan posyandu.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo mengatakan tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk melaksanakan penguatan kelompok kerja operasional Pokja Kota Palangka Raya untuk meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu sesuai dengan kapasitas masing-masing lintas sektor sehingga semua dapat berkoordinasi dan  berkolaborasi dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan posyandu di Kota Palangka Raya.
 
Sedangkan tujuannya khususnya untuk membangun komitmen dari seluruh pihak  yang termasuk dalam kelompok kerja operasional posyandu dalam pembinaan dan pengembangan posyandu di wilayah Kota Palangka Raya.
 
Posyandu juga diharapkan mampu menjadi mitra dalam pencegahan dan penanggulangan stunting melalui kegiatan pokoknya, tutup Andjar.(MC.Isen Mulang/Adi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*