INFO
Pendapatan Pedagang Bunga Normal Kembali

Pendapatan Pedagang Bunga Normal Kembali

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Para penjual bunga di ujung Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya, tampaknya sudah nyaman menjalankan usahanya ditempat yang barunya itu.

Pasalnya, sejak Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya merelokasi para pedagang bunga, baik dari Jalan Garuda maupun dari Jalan Lambung Mangkurat di 2017 yang lalu, ke tempat relokasi yang baru di ujung Jalan Yos Sudarso, kini kehidupan terutama pendapatan para pedagang bunga ini sudah berangsur-angsur membaik.

“Saat ini masyarakat banyak yang sudah mengetahui lokasi atau pusat tempat menjual bunga dan tanaman hias, yakni di ujung Jalan Yos Sudarso ini,” ungkap Marsidi, salah satu penjual bunga.

Marsidi menuturkan, sebelum menjual bunga di ujung di Yos Sudarso, ia sebelumnya menjual bunga di Jalan Garuda.

“Sejak direlokasi tahun 2017, kita harus merintis dari awal lagi. Memang kondisinya jauh dari sebelumnya. Pendapatan jadi berkuarang. Untungnya masih bisa makan,” tukasnya, saat dibincangi, Minggu (17/11/2019).

Seiring waktu, disaat pedagang bunga telah semuanya menempati relokasi yang sama, maka seiring itu pendapatan hasil penjualan bunga sudah mulai normal kembali.

“Memang sakit ketika awal baru pindah kesini. Ya, itulah namanya juga merintis kembali dari awal. Banyak masyarakat tidak tahu.Namun perlahan tapi.paati.kondisi.pe jualan bunga di ujung Jalan Yos Sudarso ini sudah mulai ramai lagi,” terang Marsidi.

Pembeli lanjut dia, tidak hanya dari Kota Palangka Raya itu sendiri, namun juga datang dari Kabupaten Gunung Mas, Tamiang Layang, Sampit, Puruk Cahu dan kabupaten lainnya.

“Ya, ada pula pembeli atas.nama dinas pemerintahan, tetapi kebanyakan dari ASN secara perseorangan,’ ucapnya.

Bila dirincikan dalam sebulan imbuh Marsidi, maka pendapatan yang di dapatkan cukup memuaskan. Bahkan sekali waktu bisa saja mampu mencapai hingga 20 juta, ketika banyak jenis tanaman termasuk buah-buahan dibeli masyarakat maupun di borong dinas pemerintahan.

Pedagang bunga tambah dia berharap agar kedepan pemerintah daerah tidak lagi melakukan penataan kawasan di ujung Jalan Yos Sudarso ini, sehingga tidak ada lagi memindahkan atau relokasi tempat penjualan bunga dan tanaman hias.” Jadi tidak perlu merintis dari awal lagi,” singkatnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*