INFO
Penentuan Tarif Tiket Pesawat Kebijakan Maskapai

Penentuan Tarif Tiket Pesawat Kebijakan Maskapai

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Kenaikan tarif tiket pesawat dalam beberapa bulan terakhir sempat menjadi pembicaraan hangat masyarakat di negeri ini.

Terlebih kondisi diperparah dengan adanya kenaikan bagasi berbayar membuat aktifitas angkutan barang dan penumpang cukup mengalami penurunan.

Tak terkecuali di Palangka Raya, naiknya tiket pesawat tersebut juga  cukup berimbas kepada berkurangnya masyarakat untuk bepergian keluar daerah.

Kepala Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Paryono mengatakan, jika kenaikan tarif tiket pesawat sepenuhnya menjadi kebijakan airlines atau maskapai penerbangan. Terutama dalam menentukan tarif batas atas (TBA) dengan mengacu berbagai pertimbangan.

“Ya, memang ada kecenderungan dijual jauh dari TBA. Namun seiring adanya pembicaraan dari pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub), maka secara perlahan maskapai sudah menurunkan TBA. Ini bisa kita cek harga tiketnya secara online,”kata Paryono, saat di Konfirmasi, Sabtu (23/3/2019).

Sementara itu, berdasarkan relies yang disampaikan pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Tengah baru-baru ini menyebutkan, jika hingga Desember 2018 terjadi penurunan frekuensi penerbangan dan pengiriman barang secara konsisten.

“Data terakhir sampai dengan Bulan Desember 2018 ada sebanyak 1.836 penerbangan. Penurunan terlihat dalam Bulan Januari 2019 yakni mencapai 1.655 penerbangan. Jadi ada penurunan sebesar 9,86 persen di awal tahun 2019 lalu,”ungkap Kepala BPS Kalimantan Tengah, Yomin Tofri dalam relisnya tersebut.

Adapun dari informasi yang di dapat sebelumnya, harga tiket pesawat ditahun-tahun yang lalu masih pada nominal harga wajar, sehingga tidak mendapat banyak keluhan masyarakat Kota Palangka Raya.

Contohnya untuk rute Palangka Raya – Jakarta ataupun Palangka Raya – Surabaya harga tiket  saat itu masih dengan kisaran di bawah Rp1 juta. Namun kini tarif per tiket sudah mencapai Rp1,5 juta lebih. Beban biaya pun akan bertambah manakala penumpang pesawat harus menggunakan bagasi berbayar dimana tarifnya tergantung beban berat barang. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*