TERKINI

Pengawasan Kendaraan Keluar Masuk Pos Penyekatan Taruna Kalampangan Diperketat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Polresta Palangka Raya bersama Instansi TNI, Satpol PP, Dishub dan Ormas Fordayak ditugaskan untuk mengawali pos penyekatan di wilayah perbatasan Kota Palangka Raya.

Salah satunya pada Pos Penyekatan Taruna-Kalampangan di Jalan Mahir Mahar Km. 23, Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, yang dikomando oleh Iptu Judin bersama Ipda Sulis Baskoro dan Kapolsek Sebangau, Ipda Anastasia Helena, Senin (16/8/2021).

Pos penyekatan itu sendiri bertugas mengawasi setiap kendaraan yang keluar maupun memasuki wilayah Kota Palangka Raya di masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Pandemi Covid-19 saat ini.

Iptu Judin menjelaskan, pos penyekatan diberlakukan sebagai bentuk implementasi pada Surat Edaran (SE) Walikota Palangka Raya Nomor : 368/01/SatgasCovid-19/BPBD/VII/2021 tentang PPKM dan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19.

“Surat keterangan Hasil Negatif Covid-19 Antigen ataupun PCR menjadi persyaratan untuk melanjutkan perjalanan darat ketika keluar dan masuk pada Wilayah Kota Palangka Raya, seperti yang tertulis dalam surat edaran tersebut, pada Huruf F Nomor 1 poin a, yang juga dilengkapi dengan sertifikat vaksinasi,” tuturnya.

Adapun berisikan yakni wajib menunjukkan salah satu dari suket hasil negatif PCR yang diterbitkan dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam, sedangkan apabila menggunakan suket antigen dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Selama melakukan pengawasan, petugas pun telah memeriksa sekitar 161 kendaraan yang melintas, yakni 42 roda dua, 84 roda empat dan 35 roda enam, yang mana sebanyak 27 kendaraan diarahkan untuk putar arah karena tidak memiliki persyaratan perjalanan darat tersebut.

“Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran dan upaya mitigasi pada Pandemi Covid-19 di wilayah Kalimantan Tengah termasuk Kota Palangka Raya, kami sangat berharap agar masyarakat dapat memahami dan mematuhinya,” pungkas Judin. (MC. Isen Mulang HumasPolres/Nitra/wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*