TERKINI

Pengelolaan Sumber Daya Lokal Untuk Mendukung Pertahanan Wilayah Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya menjadi Narasumber pada kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Perwira Siswa Dikreg. XLVIII Sesko TNI Tahun 2021.
Kegiatan ini dihadiri secara virtual di Rumah Jabatan Walikota Jl. Diponegoro Palangka Raya, Senin Siang (26/7/2021).

Walikota menjelaskan dalam paparannya, Kota Palangka Raya adalah Kota dengan lahan terluas di Indonesia yaitu 2.853,12 Km2 atau 285.312 Hektar. Dan kota yang memiliki sumberdaya hutan terbesar di Indonesia, serta kota yang aman dari bencana alam.

Walikota Fairid Naparin menjelaskan, “Tipologi Kota Palangka Raya terbagi 3, yaitu Perkotaan, Perdesaan dan Kawasan Hutan 71,87% hutan tropis, serta jumlah penduduk sebanyak 293.457 jiwa, dengan kepadatan penduduk 102 jiwa/km2”.

Dijelaskan juga potensi ancaman di wilayah Kota Palangka Raya, dari segi ancaman militer dilihat dari aspek geografis relatif nihil, dan dari segi ancaman non militer, pernah terjadi dan atau berulang dan sedang dihadapi adalah pandemi Covid-19, kebakaran hutan dan lahan, konfilk sosial/etnis, radikalisme dan narkoba.

“Upaya Pemerintah Kota (Pemko) dalam mengelola sumber daya lokal menjadi ruang wilayah pertahanan antara lain, menyediakan kawasan lindung/konservasi dalam mendukung Indonesia sebagai paru-paru dunia, menyediakan kawasan mendukung pertahan dan keamanan (kawasan bandara TNI AU, kawasan militer dan kepolisian), mendukung Sungai Kahayan sebagai sungai strategis nasional, serta menyediakan lokasi Re-introduksi oranghutan terbesar di dunia”, ungkap Fairid.

Ditambahkan juga dalam menghadapi ancaman non militer Pemko Palangka Raya memberi perhatian utama dalam mengelola sumber daya lokal untuk mendukung pertahanan wilayah. Serta cegah dini ancaman non militer pemko melakukan sinergitas dengan berbagai komponen kemitraan strategis di masyarakat. (MC.Isen Mulang/bamw/wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*