INFO
Pengembangan dan Pemberdayaan KIM Kota Palangka Raya.

Pengembangan dan Pemberdayaan KIM Kota Palangka Raya.

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat sesuai kebutuhannya, terletak di perkotaan/pedesaan yang beranggotakan 3 (tiga) sampai 30 (tiga puluh) orang, dapat terdiri dari remaja/orang tua, pria/wanita, pelajar/mahasiswa, pedagang/petani/ nelayan dll.

Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya berupaya untuk melakukan pengembangan, pembinaan, dan pemberdayaan KIM melalui kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Kota Palangka Raya, Rabu (27/03/2019) di ruang rapat Peteng Karuhai I Setda Kota Palangka Raya.

Sebagai Narasumber kegiatan Sosialisasi KIM ini disampaikan oleh Baryen, Kepala Bidang Informasi Publik Diskominfosantik Provinsi Kalimantan Tengah.

Seperti yang disampaikan Baryen, bahwa sebagai mandataris UU no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika di daerah sudah lebih fokus ke bidang komunikasi dan informatika, sehingga dapat memanfaatkan KIM menjadi ujung tombak dalam melaksanakan fungsi diseminasi informasi, baik dari pinggiran maupun perkotaan di seluruh Indonesia, sesuai dengan nawacita.

KIM sebagai simpul komunikasi antara pemerintah dan masyarakat yang berperan sebagai penyebar informasi masyarakat. Disamping itu juga KIM sebagai mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

Dengan adanya pemberdayaan KIM diharapkan menjadi solusi alternatif guna menyadarkan arti penting berkelompok, bertukar informasi serta membuka peluang kemitraan dengan dinas-dinas di tingkat Kabupaten/Kota. (MC Isen Mulang/win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*