INFO
Penggalangan Dana Harus Kantongi Ijin dari Dinsos

Penggalangan Dana Harus Kantongi Ijin dari Dinsos

MEDIA CENTER, Palangka Raya –  Bencana kebakaran yang menimpa warga Jalan Riau Puntun sabtu 30/3/2019) yang lalu masih menyisakan duka yang begitu mendalam. Kebanyakan dari korban kebakaran tidak sempat menyelamatkan barang berharga karena kebakaran terjadi dini hari disaat jam tidur. Hal inilah yang mengundang simpati dan menggerakkan rasa solidaritas berbagai kalangan di Kota Palangka Raya. 
 
Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Erni Suciati menyampaikan bahwa Dinas Sosial Kota Palangka Raya dalam 2 hari terakhir mulai banyak disambangi oleh lembaga maupun perkumpulan yang ingin melakukan pengumpulan uang dan barang untuk disalurkan kepada para korban kebakaran.
 
Lanjut Erni,  bahwa kegiatan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) untuk kesejahteraan sosial diperbolehkan asalkan sesuai dengan Undang – Undang Nomor 9 tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang atau Barang dan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan. Sesuai amanat UU tersebut disebutkan bahwa setiap pelaksanaan pengumpulan sumbangan dilaksanakan berdasarkan izin dari pejabat yang berwenang.
 
“Kita memahami keinginan mereka untuk meringankan beban korban bencana kebakaran karena ini adalah bentuk kesetiakawanan sosial yang harus diapresiasi. Namun sebelum melaksanakan penggalangan dana di tempat umum harus mengantongi rekomendasi dari Dinas Sosial Kota Palangka Raya untuk selanjutnya diterbitkan izin oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palangka Raya. Kita akan layani secepatnya, dan semuanya gratis, tanpa biaya” jelasnya. 
 
“Hal ini jangan dianggap sebagai prosedur yang menyulitkan. Semuanya semata-mata agar penggalangan dana berjalan secara terperinci dan akuntabel. Kami dari Dinsos juga mudah melakukan pengawasan dan evaluasi sehingga masyarakat tidak khawatir uangnya diselewengkan” tambahnya.
 
Hingga saat ini sudah ada 6 (enam) lembaga yang mengurus rekomendasi ke Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah. Aksi yang digelar mulai dari Selasa (2/4/2019) yang lalu dilakukan di beberapa titik traffic light kawasan Kota Palangka Raya, seperti Jalan Diponegoro, Jalan S.Parman, Jalan Cilik Riwut dan Jalan Garuda. Para Relawan tersebut rela berpanas-panasan dan kehujanan untuk mengumpulkan bantuan dana dari masyarakat dengan harapan dapat meringankan sedikit beban korban kebakaran. (MC Isen Mulang/Dina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*