INFO

Pengisian SP 2020 Online di Acara Car Free Day

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sensus Penduduk Online (SPO) sudah dimulai pada tanggal 15 Februari 2020 tepatnya hari sabtu kemarin. Salah satu upaya memberikan informasi bagi masyarakat tentang bagaimana proses dan pengisian SPO, BPS Provinsi Kalteng bekerjasama dengan BPS Kota Palangka Raya menggelar Sosialisasi SPO di area Car Free Day Bundaran Besar Palangka Raya, Minggu (16/2/2020).

“Saat ini kami bekerjasama dengan BPS Kota Palangka Raya untuk Sosialisasi Sensus Penduduk (SP) 2020. Sensus kali ini dilakukan dengan dua metode yaitu secara online dan wawancara”, papar Kepala bagian (Kabag) Tata Usaha BPS Provinsi Kalteng, Maria Wahyuni Utami. Dijelaskan juga Pengisian SPO hanya membutuhkan waktu 5 hingga 10 menit.

Lydia Putri salah satu pegawai BPS kota Palangka Raya yang juga sebagai Pendamping SPO 2020 menambahkan, “Saat ini kita dapat melakukan sensus secara mandiri dengan mengakses laman sensus.bps.go.id, mulai tanggal 15 Februari 2020 sampai 31 Maret 2020”.

“Dalam pengisiannya diperlukan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK) dan nomor Akta Nikah/Akta cerai jika ada. Masyarakat tinggal login menggunakan nomor NIK dan nomor KK kemudian mengisi identitas pribadi dan keluarga sesuai yg tertera pada KK.” tutur Lydia.

Dalam isian SPO tersebut terdapat pertanyaan tentang kependudukan, kondisi perumahan seperti jenis lantai, sumber air minum, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan lain-lain.

Selanjutnya untuk penduduk yang mengalami masalah dalam pengisian SPO akan dikunjungi oleh petugas sensus pada tanggal 1-31 Juli 2020. Hal ini perlu dilakukan untuk mengakomodir penduduk yang belum melakukan SPO atau belum melek teknologi, ungkap Lydia. (MC. Isen Mulang/Bambang/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*