INFO
Pengolahan Ikan Yang Baik Meningkatkan Mutu Produk

Pengolahan Ikan Yang Baik Meningkatkan Mutu Produk

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ikan termasuk bahan pangan yang beresiko tinggi karena sangat mudah rusak, pada suhu ruang 27 derajat celsius hanya bertahan beberapa jam dan mulai mengalami penurunan kualitas setelah dua jam di udara terbuka dan suhu ruang.

“Pengolahan ikan yang baik meningkatkan mutu produk ikan,” ungkap Aqiedah Wahyuni ketika menjadi narasumber kegiatan Sosialisasi Peningkatan Mutu Olahan Ikan di Kota Palangka Raya, Rabu (22/9/2021).

Cara meningkatkan mutu olahan ikan dapat dilakukan dengan menerapkan prinsip Bersih, Cepat, Cermat dan Dingin (Bercermin). Bersih artinya bebas dari kotoran dan tidak tercemar. Cepat maknanya waktu yang singkat dan segera tidak menunda-nunda. Cermat berarti penuh perhatian, teliti, dan hati-hati, Terakhir Dingin yaitu suhu yang lebih rendah dari suhu tubuh manusia.

Lebih lanjut Aqiedah Wahyuni yang akrab disapa dengan nama Yuni menjelaskan bahwa menjaga mutu merupakan kewajiban bagi kelompok pengolahan dan pemasaran ikan (Poklahsar) untuk menghasilkan produk yang aman dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan untuk menghasilkan produk yang layak diedarkan atau dijual di pasaran.

“Hal yang diperhatikan selama proses pengolahan ikan mulai dari proses awal sampai produk jadi dan siap untuk dijual adalah alur dan tata ruang produksi serta sanitasi dan higienitas,” ungkap Yuni (MC Isen Mulang/tina/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*