INFO
Penguatan Layanan Validasi NIK dan Data Kependudukan Online

Penguatan Layanan Validasi NIK dan Data Kependudukan Online

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Guna penguatan layanan validasi NIK serta data kependudukan online, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palangka Raya melaksanakan uji coba sejak akhir September 2021 hingga awal Oktober 2021 dan dalam kurun waktu 10 hari berjalan ada 290 NIK masyarakat yang telah dilakukan validasi online.

“Validasi NIK tersebut dilakukan melalui website Disdukcapil Kota Palangka Raya yakni https://disdukcapil.palangkaraya.go.id dimana masyarakat kapanpun dan dimanapun dapat mengaksesnya tanpa perlu jauh-jauh datang ke Kantor Disdukcapil, ungkap Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palangka Raya, Supriyanto kepada awak media, Selasa (5/10/2021).

Dalam rapat bersama kepala bidang dan kepala seksi, dibahas mengenai alur pendaftaran, proses dan feed back validasi online yang disampaikan langsung oleh penggagasnya yang merupakan salah satu staf Disdukcapil Ferry Anggriawan dan meski ini masih bersifat uji coba, ternyata respon dari masyarakat sangat baik, contohnya saja untuk hari ini, ada 190 permohonan validasi NIK yang masuk melalui tautan tersebut, dengan beragam keperluan validasi dan yang paling banyak adalah validasi untuk vaksinasi covid-19 khusus untuk aplikasi Peduli Lindungi selain untuk BPJS, Prakerja serta Perbankan.

“Tautan online validasi ini merupakan inovasi dari staf Disdukcapil yang kami nilai sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, hingga tidak perlu repot-repot datang ke Disdukcapil sekedar hanya untuk memvalidasi NIK dan inovasi seperti ini patut didukung oleh seluruh pemangku kepentingan sesuai motto memberikan kebahagiaan kepada masyarakat melalui pelayanan yang mudah dan cepat.” tutup Supriyanto. (MC Isen Mulang/Iin/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*